Peringatan HANI 2024, Bupati Balangan Resmikan Dua Desa Bersih Narkoba

“Mendukung program nasional agar Indonesia bersih narkoba, Pemkab Balangan telah mengarahkan seluruh camat untuk mengasistensi para pambakal di wilayah masing-masing”

Bupati Balangan, H Abdul Hadi (tengah) saat menghadiri acara peringatan HANI 2024 (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Bupati Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), H Abdul Hadi meresmikan peluncuran dua desa, masing-masing Inan, Kecamatan Paringin Selatan dan Mantimin, Batumandi, sebagai Desa Bersih Narkoba atau Desa Bersinar.

Peluncuran dua desa tersebut sebagai Desa Bersinar, dilakukan H Abdul Hadi bertepatan dengan acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024 yang diinisiasi Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Balangan di Aula Benteng Tundakan, Arba (26/6).

H Abdul Hadi dalam sambutannya mengatakan, peran aktif seluruh elemen masyarakat merupakan elemen yang sangat penting dalam upaya pemberantasan narkoba.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan dalam rangka mendukung program nasional agar Indonesia bersih dari narkoba, telah mengarahkan seluruh camat untuk mengasistensi para Pambakal (Kepala Desa) di wilayah masing-masing,” katanya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Keahlian "Juleha", PC Muhammadiyah Barabai Gelar Pelatihan Sembelih Halal

Pemkab Balangan bekerja sama dengan BNN Balangan dan Polres setempat juga telah menganggarkan kegiatan peyuluhan agar semua desa bebas dari narkoba.

Sementara itu, Kepala BNNK Balangan, M Faisal Sidiq mengatakan, peluncuran Desa Bersinar kali ini merupakan wujud dari komitmen dan aksi nyata pemerintah daerah dalam upaya memerangi penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba.

“Di Balangan sendiri, program Desa Bersinar sudah berjalan selama lima tahun, terhitung sejak diluncurkan perdana pada 2020 lalu,” katanya.

Acara peringatan HANI 2024 kali ini dimeriahkan berbagai persembahan seni, termasuk tarian dari Sanggar Balangan dan pertunjukan Madihin yang bukan hanya menghibur, tetapi juga menyampaikan pesan edukatif tentang bahaya narkoba kepada masyarakat.

BACA JUGA :  Safari Ramadhan di Haruyan, Ketua TP PKK HST Hadiri Haul Ummana Sayedah Khadijah

Usai menikmati persembahan seni, peserta yang terdiri dari unsur Forkopimda, camat, pambakal dan perwakilan siswa-siswi dari berbagai sekolah di Balangan tersebut, mengikuti secara daring kegiatan puncak peringatan HANI 2024 yang terpusat di Dumai, Provinsi Riau.

Kehadiran peserta secara daring menunjukkan bahwa semangat perjuangan melawan narkoba tidak mengenal batas wilayah dan dapat dilakukan bersama-sama di seluruh Indonesia.

Melalui rangkaian kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran aktif dalam pencegahan narkoba serta memperkuat komitmen bersama untuk menjadikan Balangan sebagai wilayah yang bersih dan bebas dari narkoba. (ra)

BACA JUGA :  Meriahkan Harjad ke-21, Pemkab Balangan Gelar Lomba Masak Nasi Goreng antar SKPD

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati HST Serahkan Bantuan Bahan Baku Operasional UMKM di Banua Rantau

Rab Jun 26 , 2024
"Bantuan bahan baku operasional UMKM disalurkan kepada 325 penerima di Kecamatan BAS dan Kecamatan BAU sebanyak 203 orang"

You May Like

TABIRklip