Bupati HST Serahkan Bantuan Bahan Baku Operasional UMKM di Banua Rantau

“Bantuan bahan baku operasional UMKM disalurkan kepada 325 penerima di Kecamatan BAS dan Kecamatan BAU sebanyak 203 orang”

Bupati HST saat menyerahkan bantuan bahan baku modal kepada pelaku UMKM (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

BARABAI (TABIRkota) — Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), H Aulia Oktafiandi menyerahkan bantuan bahan baku operasional untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa Banua Rantau Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), Arba (26/6).

Menurutnya, langkah Dinas Perdagangan (Disdag) HST dalam memberikan bantuan bahan baku modal operasional untuk UMKM patut diberi apresiasi.

“Pemberian bantian tersebut bertujuan untuk menambah modal usaha pelaku UMKM dalam bentuk bahan baku, seiring naiknya harga sembako, terutama bahan pokok di pasaran,” ujarnya.

Bantuan tersebut, katanya, telah dilaksanakan dari 2023 lalu secara bertahap dan saat ini dapat terlaksana kembali di Kecamatan BAS.

BACA JUGA :  PIK Potads Banua Anam Minta Pemerintah Hadir untuk Anak Down Syndrome

“Pemerintah daerah melihat fakta keadaan sektor UMKM di Banua kita, dominasi adalah pedagang makanan dan minuman,” katanya.

Penerima bantuan bahan baku tersebut sebanyak 325 orang terdiri dari 18 desa dan satu kelurahan di Kecamatan BAS.

Sedangkan di Kecamatan Batang Alai Utara (BAU) sebanyak 203 penerima dengan bantuan berupa 12 kilogram gula, 12 liter minyak goreng dan delapan kotak teh.

H Aulia Oktafiandi menambahkan, bukan hanya segmen pertanian saja yang perlu dibantu, namun UMKM juga, maka dari itu untuk melindungi dan membantu modal operasional agar bermanfaat saat kenaikan harga, diberikanlah bantuan sesuai keperluannya.

BACA JUGA :  Ismail Wahid, Tokoh Pers di HST Tutup Usia

“Tujuan kami adalah untuk meningkatkan kualitas dagangan para pelaku UMKM dengan bahan baku yang telah disalurkan,” tambahnya.

Diharapkan, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan pelaku UMKM dengan baik dan usahanya dilancarkan seeta diberikan keberkahan. (fer)

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati HST Serahkan Tiga Unit Ambulan untuk Tiga Desa di Limpasu

Rab Jun 26 , 2024
"Pengadaan unit ambulan bersumber dari anggaran desa yang dianggarkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) melalui persetujuan pemerintah daerah"

You May Like

TABIRklip