Wujudkan Visi Bupati, Pemkab Balangan Hadirkan Inovasi Pembangunan KOTAKU CANTIK

“Melalui inovasi KOTAKU CANTIK, Pemkab Balangan terus melakukan pengembangan terhadap penataan Ruang Terbuka Hijau atau RTH”

Bupati Balangan H Abdul Hadi (kedua dari kiri) meninjau salah satu proyek yang termasuk dalam inovasi KOTAKU CANTIK (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) menghadirkan sebuah inovasi pembangunan Kota Tanpa Kumuh Cermat Teknologi Kreatif atau KOTAKU CANTIK sebagai perwujudan visi Bupati setempat, H Abdul Hadi.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Permukiman (PUPR Perkim) Balangan, Rahmadiah, visi Bupati dan Wakil Bupati dimaksud adalah Membangun Desa Menata Kota Menuju Balangan yang Lebih Maju dan Sejahtera.

“Melalui inovasi KOTAKU CANTIK, Pemkab Balangan terus melakukan pengembangan terhadap penataan Ruang Terbuka Hijau (RTH),” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Senin (15/7).

Inovasi KOTAKU CANTIK, katanya, menjadi salah satu jawaban untuk pemanfaatan energi tenaga surya dan mengurangi pemanasan global.

BACA JUGA :  Beri Contoh Teladan, Bupati HST Bersihkan Sampah di Pasar Keramat

“Juga menghindari ketergantungan listrik konvensional yang menggunakan sumber energi fosil seperti batu bara dan minyak bumi, yang jumlahnya semakin menipis setiap tahunnya,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini taman-taman di Balangan masih menggunakan listrik konvensional yang menggunakan sumber daya alam, baik berupa fosil atau minyak bumi.

“Kedepan, sistem penerangan akan mengandalkan sumber energi sinar matahari untuk memberikan efisiensi energi bagi pengelola kota serta mendukung program keberlanjutan pemerintah karena ramah lingkungan,” tambahnya.

Pemkab Balangan bertekad mengembangkan sekaligus mempertahankan kawasan RTH untuk memberi kenyamanan bagi masyarakat, sekaligus memberikan ruang sehat bagi warga.

Dengan visi kabupaten yang lebih maju dan sejahtera, diharapkan dapat tercipta situasi, kondisi tatanan serta pembangunan yang dapat lebih dinikmati serta dirasakan seluruh masyarakat Balangan. (ra)

BACA JUGA :  Jaga Tradisi, Pemprov Kalsel Masukkan Lima Karya Budaya ke WBTb Indonesia 2024

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dimulai Hari Ini, Operasi Patuh Intan 2024 Polda Kalsel Kerahkan 439 Personel Gabungan

Sen Jul 15 , 2024
"Pada Operasi Patuh Intan 2024, RTMC Ditlantas Polda Kalsel akan mengontrol 52 titik ETLE atau kamera tilang elektronik yang tersebar di 13 kabupaten/kota"

You May Like

TABIRklip