Tingkatkan Produktivitas, Wabup HST “Batanjang” Bersama di Wawai Gardu

“Kelompok Tani Pematang Indah Wawai Gardu dan Poktan Tunas Baru Wawai mendapatkan bantuan kompanisasi yang langsung diserahkan oleh Wakil Bupati HST, H Mansyah Saberi”

Wabup HST, H Mansyah Sabri saat “batanjang” atau menanam padi (foto: TABIRkota/prokopim hst)

BARABAI (TABIRkota) — Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), H Mansyah Saberi “batanjang” atau menanam padi bersama kelompok tani pematang indah di Desa Wawai Gardu, Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS) untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian, Arba (12/6).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST mendukung segala upaya pemajuan program tani, seiring kebijakan Presiden Joko Widodo melalui visinya, Nawacita yang menaruh komitmen dan perhatian di sektor pertanian.

“Diantaranya, mewujudkan sektor strategis ekonomi domestik yang menitik beratkan pada upaya kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani,” ujarnya.

Kegiatan tersebut, katanya, dilaksanakan Pemkab HST melalui Dinas Pertanian setempat untuk meningkatkan produksi padi, terutama dalam mencukupi ketersediaan pangan beras.

BACA JUGA :  Perkuat System Manajemen Risiko, Pemkab HST Gelar Coaching Clinic Risk Register 2024

“Kami juga menyalurkan pemberian benih padi Inbrida dan 53 pompa untuk support pengairan di sawah,” katanya.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah, ada beberapa upaya yang dilakukan di 2024 ini, antaralain bantuan sumber dari APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten.

Bantuan tersebut barupa mesin pertanian pompa ukuran tiga inch sebanyak 53 unit untuk di HST.

Kepala Dinas Pertanian HST, Budi Satrya Tanjung menambahkan, para petani diharapkan tetap semangat berproduksi atau memelihara sektor taninya.

“Terus motivasi diri dan konsisten untuk lebih meningkatkan luas tanam maupun produktivitas panen padi ke depannya,” tambahnya.

Kepada para petani, diharapkan agar merubah pola pikir dan prilaku untuk menuju budaya kerja yang baik, cerdas, handal serta berdaya saing. (fer)

BACA JUGA :  Subuh Membara, Lima Rumah di HST Hangus Terbakar

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Peringatan Hari Bhayangkara ke-78, Polres Balangan Gelar Sunatan Massal Gratis

Rab Jun 12 , 2024
"Kegiatan sunatan massal yang dilaksanakan Polres Balangan untuk 50 anak-anak itu, merupakan bagian dari Bakti Kesehatan dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-78"

You May Like

TABIRklip