Peringatan Harlah Pancasila, Pemkab Balangan Gelar Upacara dengan Semangat Kebangsaan

“Pancasila harus senantiasa dijiwai serta dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja yang kehadiran serta manfaatnya dapat dirasakan seluruh tumpah darah Indonesia”

Upacara peringatan Harlah Pancasila di halaman Kantor Bupati Balangan (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 dengan penuh khidmat dan semangat kebangsaan.

Upacara peringatan yang mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 tersebut, dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Balangan, Sabtu (1/6).

Bertindak sebagai pemimpin upacara, Komandan Kodim (Dandim) 1001/HSU-BLG, Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan.

Dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasilan (BPIP) RI yang dibacakan Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan disampaikan, bahwa Pancasila merupakan simbol pemersatu bangsa dari segala perbedaan.

“Baik perbedaan suku, agama, budaya maupun bahasa, dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” katanya.

BACA JUGA :  Resmikan Galeri, Ketua Dekranasda HST Harap Ekonomi Kreatif Berkembang

Kepada seluruh peserta upacara, ujarnya, diimbau agar dapat menjadikan Pancasila sebagai landasan dalam bertindak dan berinteraksi.

“Saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pancasila harus senantiasa dijiwai serta dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja yang kehadiran serta manfaatnya dapat dirasakan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” tambahnya.

Upacara peringatan Harlah Pancasila 2024 kali ini diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) Balangan mewakili Bupati Balangan, Unsur Forkopimda, ASN dan non ASN di lingkup Pemkab setempat serta para pelajar. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

BACA JUGA :  Gold

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KKN di HST, Mahasiswa Pemerintahan Fisip ULM Banjarmasin Gelar Government Festival 2024

Sab Jun 1 , 2024
"Government Festival 2024 merupakan momentum untuk menginspirasi dan memotivasi semua pihak agar terus berperan aktif dalam pembangunan daerah"

You May Like

TABIRklip