Membangun Kepemimpinan Melalui Literasi, Rumah Pustaka Tabalong Gelar LDKS di SMPN 6 Tanjung

“Kepemimpinan tidak bisa dipisahkan dari literasi, terutama membaca., sehingga penting diberikan pembekalan kepada para siswa”

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa oleh Rumah Pustaka Tanjung di SMPN 6 (foto: TABIRkota/ilham ali naufal)

TANJUNG (TABIRkota) – Rumah Pustaka di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di SMPN 6 Tanjung untuk membangun kepemimpinan melalui literasi, Selasa (1/9).

LDKS yang menghadirkan Bahrul Ilmi sebagai pemateri tersebut, sekaligus juga mengajak para siswa untuk gemar membaca melalui kegiatan Lapak Baca.

Bahrul Ilmi dalam pemaparannya mengatakan, kepemimpinan tidak bisa dipisahkan dari literasi, terutama membaca.

“Karena itu, penting untuk diberikan pembekalan kepada para siswa tentang dasar-dasar kepemimpinan dan menumbuhkan minat baca di kalangan pelajar,” katanya.

Menurutnya, melalui membaca siswa dapat memperoleh pengetahuan dan inspirasi yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan potensi kepemimpinan.

BACA JUGA :  Pos Kamling Keramat Jaya Sabet Juara II Terbaik Tingkat Provinsi

“Para siswa merupakan calon pemimpin harus mampu berprilaku baik seperti disiplin dan selalu melatih kemampuan berbicara serta menulis,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan LDKS tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan, tetapi juga membangun rasa persaudaraan serta kebersamaan para siswa.

“Melalui kegiatan LDKS, para siswa saling dukung dan saling memberikan motivasi sehingga membangun rasa persaudaraan serta keakraban diantara mereka,” tambahnya.

Selain pemberian materi kepemimpinan, sekaligus digelar Lapak Baca dimana para siswa bebas memilih buku yang mereka sukai untuk dibaca dan didiskusikan bersama.

Diharapkan, LDKS dapat menjadi wadah bagi para siswa untuk mengembangkan potensi diri sebagai pemimpin masa depan yang cerdas, kreatif dan peduli terhadap kemajuan bangsa. (ra)

BACA JUGA :  Hari Bhakti Adyaksa ke-64, Kejari Balangan Komitmen Maksimalkan Pengembalian Kerugian Negara

Pewarta: Ilham Ali Naufal

Journalist - Tabalong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Balangan Serukan Pelestarian Nilai Luhur

Rab Okt 2 , 2024
"Nilai-nilai luhur Pancasila sangat penting untuk dilestarikan baik di masyarakat umum maupun dalam sistem pemerintahan"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip