Permudah Akses ke Sekolah, Pemkab Balangan Tambah Dua Unit Angkutan Gratis untuk Pelajar

“Ketersediaan angkutan pelajar, diharapkan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar”

Dua unit angkutan gratis untuk pelajar yang baru ditambahkan Pemkab Balangan (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) menambah dua unit angkutan gratis untuk pelajar dalam upaya mempermudah akses ke sekolah guna mendukung kelancaran proses belajar para siswa.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Balangan, Musa Abdullah melalui Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Anggutan Jalan (LLAJ), Rahmadi mengatakan, sebelumnya Pemkab Balangan telah mengoperasikan sembilan unit angkutan pelajar.

“Dengan tambahan dua unit di 2024 ini, maka total angkutan gratis untuk pelajar sudah ada 11 unit,” katanya di Paringin, ibu kota Balangan, Kamis (11/7).

Menurutnya, angkutan gratis diperuntukkan bagi pelajar yang belum memenuhi persyaratan untuk mengendarai kendaraan bermotor sendiri.

BACA JUGA :  Rumah Batu dan Makam Datu Kandang Haji di Balangan Peroleh Rekomendasi sebagai Situs Warisan Cagar Budaya

“Dengan adanya angkutan gratis, diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para pelajar saat berangkat dan pulang dari sekolah,” ujarnya.

Ketersediaan angkutan pelajar, diharapkan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar.

Pada pelaksanaannya, di setiap sekolah memiliki koordinator yang mengatur dan menyesuaikan jam operasional angkutan pelajar untuk antar jemput para siswa.

Rahmadi menambahkan, untuk saat ini cakupan angkutan pelajar masih seputar Kota Paringin dan kedepannya, akan diupayakan agar bisa mencapai seluruh wilayah kecamatan serta desa.

“Sebelum diluncurkan, kita sudah memastikan unit angkutan pelajar sudah melalui tahap pengecekan laik jalan, sehingga keamanan dan kenyamanan para siswa dapat terjamin,” tambahnya.

BACA JUGA :  Kenakan Pakaian Adat Banjar, Wabup HST Bersamai Peringatan Hardiknas 2024

Diharapkan, program angkutan pelajar akan memberikan manfaat, bukan hanya bagi para siswa dan keluarga, tetapi untuk masyarakat Balangan secara umum. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkab Balangan Salurkan BLT di Tebing Tinggi

Kam Jul 11 , 2024
"BLT dibagikan kepada 46 KPM dari 12 desa di Tebing Tinggu untuk dua triwulan, masing-masing sebesar Rp1,8 juta"

You May Like

TABIRklip