Dinas LH Balangan Imbau Masyarakat Berpartisipasi Tangani Sampah Non Rumah Tangga

“Penanganan sampah non rumah tangga yang sifatnya besar dan tidak terkelola dengan baik di luar TPS, harus menjadi perhatian bersama”

Kadis LH Balangan, Aidinnor (foto: TABIRkota/rastaferian pasya)

PARINGIN (TABIRkota) – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Aidinnor, mengimbau masyarakat setempat agar berpartisipasi menangani masalah sampah non rumah tangga.

Imbauan tersebut disampaikan Aidinnor terkait sampah non rumah tangga yang sering kali berserakan di luar Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

“Secara kewenangan, Dinas LH tidak memiliki kewenangan untuk mengelola sampah non rumah tangga, terutama yang berukuran besar dan dibuang di luar TPS,” katanya kepada TABIRkota.com saat ditemui di ruang kerjanya di Paringin, ibu kota Balangan, Kamis (25/7) sore.

Tumpukan sampah non rumah tangga yang dibuang di luar salah satu TPS di Paringin (foto: TABIRkota/rastaferian pasya)

Sebelumnya, dibeberapa TPS di Paringin, sering ditemukan tumpukan sampah non rumah tangga berukuran besar, seperti lemari rusak, papan dan lain-lain, yang dibuang orang tak bertanggung jawab secara sembarangan.

BACA JUGA :  Buka Balangan Expo 2024, Bupati: Bentuk Terima Kasih untuk Masyarakat

Sampah-sampah tersebut, diletakkan sembarangan di luar TPS sehingga sangat mengganggu pemandangan kota.

Menurut Aidinnor, pihaknya hanya bertanggung jawab atas pengelolaan sampah rumah tangga, sesuai dengan peraturan yang ada.

“Penanganan sampah non rumah tangga yang sifatnya besar dan tidak terkelola dengan baik di luar TPS, harusnya menjadi perhatian bersama,” katanya.

Karena itu, tambahnya, diharapkan partisipasi aktif dari masyarakat untuk membuang sampah non rumah tangga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) secara mandiri atau dimasukkan ke dalam TPS yang ada.

“Disinilah pentingnya kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama sampah non rumah tangga,” tambahnya.

BACA JUGA :  Momentum Idul Adha, Bupati HST Bagikan Daging Kurban di 11 Kecamatan

Penanganan sampah non rumah tangga diakui membutuhkan koordinasi antar instansi dan peran aktif seluruh elemen masyarakat.

Dinas LH Balangan sendiri akan berkoordinasi dengan aparat desa untuk mencari solusi dan pemberian himbauan kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya, sesuai aturan yang berlaku. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Forkab II Dimulai, Prestasi Olahraga di Barsel Diharap Meningkat

Jum Jul 26 , 2024
"Diharapkan, Forkab dapat terus dilaksanakan dalam ranga memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, khususnya di Barsel"

You May Like

TABIRklip