Catat Tanggalnya! Dayak Deah Liyu Kembali Rayakan Pesta Panen Serentak

“MPG kembali hadir untuk keenam kalinya dengan berbagai atraksi budaya, ritual adat, konser musik dan stand UMKM di Desa Liyu, Kecamatan Halong pada 19 hingga 21 Juli mendatang”

Masyarakat adat Dayak Deah di Desa Liyu saat mengumpulkan seserahan di Balai Adat (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

PARINGIN (TABIRkota) – Catat tanggalnya, masyarakat Dayak Deah di Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali merayakan pesta panen serentak atau Mesiwah Pare Gumboh (MPG) ke-6.

Menurut Kepala Adat, Aliancen, MPG 6 tersebut bukan sekadar tradisi syukuran atas panen melimpah, namun para tamu disuguhkan berbagai atraksi budaya Dayak Deah yang memesona.

“Dimulai dari arak-arakan nyerah ngemonta dan mandi api, kemudian disambung dengan prosesi adat ngemonta, nengkuat mulukng, besyukong serta mangudang,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (15/7).

Puncak prosesi adatnya, katanya, ritual memasukkan padi ke lumbung desa sebagai simbol ketahanan pangan dan bentuk syukur atas limpahan panen.

BACA JUGA :  Lapangan Dwi Warna Barabai Dibenahi, Pedagang Pindah ke Taman Bawah Asam

 “MPG 6 juga memiliki sesi hiburan dengan menampilkan tarian dayak di pasar budaya, konser musik bertajuk “suara dari jantung borneo” oleh musisi dayak, seperti Delis feat Palui memainkan sensapi dan Daniel Nuhan,” katanya.

Selain itu, MPG 6 yang akan digelar pada 19 hingga 21 Juli mendatang juga dimeriahkan penampilan musisi nasional yang terkenal dengan balada dan kritik sosialnya, yakni Ikhsan Skuter dan diisi stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat.

Ketua pelaksana MPG 6, Budianto menambahkan, bagi pecinta alam yang ingin menikmati suasana berkemah di bawah kilau bintang dengan diiringi alunan musik dari Liyukustik.

BACA JUGA :  Pemkab Balangan Targetkan Penanaman Modal Tembus 600 Miliar

“Panitia menyediakan paket wisata untuk memudahkan pengunjung luar daerah dengan pilihan menginap di rumah penduduk atau berkemah,” tambahnya.

MPG bukan hanya tentang tradisi dan budaya, namun pengunjung juga dapat merasakan keramahtamahan serta semangat gotong royong masyarakat dayak deah. (fer)

Pewarta: M Ferian Sadikin

Journalist | Editor | - Hulu Sungai Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pengamat: untuk Menangi Pilkada Bartim, Paslon Harus Miliki Tiga Variabel

Sen Jul 15 , 2024
"Pilkada Bartim 2024 kali ini diyakini akan menjadi rebutan banyak pihak, mulai dari birokrat, pengusaha hingga politisi"

You May Like

TABIRklip