Tingkatkan Sinergi Penyelenggaraan Operasi SAR Kecelakaan Pesawat Udara, Basarnas Banjarmasin – PT Angkasa Pura I Tandatangani Nota Kesepahaman

“Dengan adanya nota kesepahaman, koordinasi akan lebih mudah dilakukan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yang menyangkut masalah kecelakaan penerbangan di dalam atau di luar lingkup wilayah Bandara Syamsudin Noor”

Nota kesepahaman menjadi bukti kesiapan respon time Basarnas Banjarmasin bersama pihak Bandara Syamsudin Noor apabila terjadi peristiwa kecelakaan pesawat udara (foto: TABIRkota/rastaferian pasya)

BANJARBARU (TABIRkota) – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas B Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama PT Angkasa Pura I dalam upaya meningkatkan sinergi penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan (SAR) kecelakaan pesawat udara di wilayah Bandar Udara (Bandara) Syamsudin Noor, Banjarbaru.

Penandatanganan yang dilakukan Kepala Basarnas Banjarmasin, Al Amrad bersama General Manager PT Angkasa Pura I, Dony Subardono tersebut, dilaksanakan di Ruang Rapat PT Angkasa Pura di Banjarbaru, ibu kota Kalsel, Kamis (2/5).

Menurut Al Amrad, penandatanganan nota kesepahaman kali ini merupakan perpanjangan dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani sebelumnya pada 2021 lalu.

(foto: TABIRkota/rastaferian pasya)

“Dengan adanya nota kesepahaman, koordinasi akan lebih mudah dilakukan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yang menyangkut masalah kecelakaan penerbangan di dalam atau di luar lingkup wilayah Bandara Syamsudin Noor,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pilkada HSS, Tim Pemenangan H Udin Ansyar "Lamar" Golkar

Basarnas merupakan garda terdepan dalam fungsi pencarian dan pertolongan, sehingga dengan adanya kerja sama tersebut, diharapkan terus terjalin sinergi yang baik guna meningkatkan respon serta keberhasilan pada penanganan situasi darurat.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PT Angkasa Pura, Dony Subardono mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman merupakan kewajiban dari Bandara untuk memastikan jaminan keselamatan.

“Ketika terjadi kecelakaan di luar lingkup Bandara, maka itu sudah menjadi tugasnya Basarnas” katanya.

Untuk mencapai keberhasilan, ujarnya, perlu dilakukan latihan rutin dan koordinasi yang bagus antar petugas Bandara dan Basarnas

“Saya berharap nota kesepahaman yang telah ditandatangani mampu menjadi roh dari jaminan keselamatan,” ujarnya.

BACA JUGA :  Dukung Kenyamanan Beribadah, Pemkab HSS Berikan Bantuan Karpet Masjid dan Langgar

Nota kesepahaman tersebut menjadi bukti awal kesiapan respon time Basarnas Banjarmasin bersama pihak PT Angkasa Pura I apabila terjadi peristiwa kecelakaan pesawat udara.

Penandatanganan nota kesepahaman itu sendiri disaksikan Kepala Biro (Kabiro) Hukum dan Kerja Sama Basarnas Pusat, Didi Hamzar. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Monitoring Pelayanan MTQ Nasional XXXV, Pemkab Tapin Anjangsana ke Kediaman Kafilah

Kam Mei 2 , 2024
"Anjangsana dilakukan untuk melihat bagaimana pelayanan yang telah diberikan Pemkab Tapin kepada para kafilah, apakah sudah dapat memberikan kenyamanan serta keamanan"

You May Like

TABIRklip