Pemprov Kalsel Apresiasi Pameran Hardiknas Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar Merdeka Berbudaya

“Pameran Hardiknas 2024 tersebut dapat menjadi ajang untuk menampilkan capaian kinerja dan inovasi pendidikan serta mempromosikan kekayaan budaya lokal”

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Hatimah (foto: TABIRkota/ist)

BANJARBARU (TABIRkota) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan apresiasi atas dilaksanakannya Pameran Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024: Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar Merdeka Berbudaya.

Apresiasi tersebut disampaikan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Hatimah pada acara pembukaan Pameran Hardiknas 2024 di halaman Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru, Jum’at (17/5) sore.

Menurut Husnul Hatimah, melalui kegiatan pameran tersebut, kita dapat melihat pentingnya menjaga keselarasan antara penyelenggaraan pendidikan dengan Kurikulum Merdeka melalui upaya pelestarian budaya lokal sebagai bagian dari identitas bansa Indonesia.

(foto: TABIRkota/rastaferian pasya)

“Pameran ini merupakan momentum yang sangat baik untuk menampilkan berbagai capaian kinerja dan inovasi pendidikan yang telah dilakukan di daerah-daerah, di Kalsel,” ujarnya.

BACA JUGA :  Ditemukan Tim SAR Gabungan 400 Meter dari LKP, Korban Tenggelam di Sungai Berangas Meninggal Dunia

Pameran Hardiknas 2024 tersebut, katanya, dapat menjadi ajang untuk menampilkan capaian kinerja dan inovasi pendidikan serta mempromosikan kekayaan budaya lokal.

“Kita dapat melihat secara langsung bagaimana Kurikulum Merdeka telah memberikan ruang bagi satuan pendidikan di Kalsel dan guru-guru untuk berinovasi serta mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik daerah, termasuk memasukkan nilai-nilai kearifan lokal,” katanya.

Kegiatan pameran tersebut, tambahnya, menunjukkan bahwa semangat Merdeka Belajar dan Merdeka Berbudaya telah mengakar kuat di daerah

“Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan di daerah terus berkembang dan bergerak maju seiring dengan perkembangan zaman,” tambahnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Upaya Penegakan Kepatuhan BU, BPJS Cabang Barabai dan Kejari Teken MoU

Pendidikan adalah tanggung jawab bersama yang untuk mewujudkan tujuannya, diperlukan sinergi yang kuat antara pemerintah, lembaga pendidikan dan masyarakat.

Pemerintah berperan dalam menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, serta menyusun kebijakan dan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Lembaga pendidikan bertugas untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.

Sedangkan masyarakat, berperan mendukung dan berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

Pameran yang diselenggarakan Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Kalsel tersebut, dilaksanakan selama tiga hari, dari 17 hingga 19 Mei mendatang, dalam rangka menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar dan memperingati Hardiknas 2024. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

BACA JUGA :  Hari Kedua Pencarian, Tim SAR Gabungan Temukan Jasad Korban Tenggelam di Tabunganen

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Peringati Proklamasi Kalimantan, VRI Kalsel Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Tebing Batu Bini

Sab Mei 18 , 2024
"Pembentangan bendera merah putih raksasa digelar sebagai refleksi jejak perjuangan Tentara ALRI Divisi IV melawan imperialis Belanda untuk menegakkan proklamasi kemerdekaan"

You May Like

TABIRklip