Tingkatkan Sumberdaya Lahan, BPP se-Balangan Gelar Pertemuan Perhiptani

“Pertemuan PERHIPTANI merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiga bulan sekali secara bergilir oleh tiap-tiap BPP Kecamatan”

Pertemuan Perhiptani di BPP Awayan (foto: TABIRkota/khairullah)

PARINGIN (TABIRkota) – Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) se-Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar kegiatan Pertemuan Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) dalam upaya peningkatan pemanfaatan sumber daya lahan.

Pertemuan yang dihadiri delapan BPP se-Balangan tersebut, dilaksanakan di BPP Kecamatan Awayan, Kamis (25/4).

Menurut Koordinator BPP Awayan, Fahrianor, melalui kegiatan pertemuan tersebut, diupayakan perbaikan dan peningkatan daya dukung lahan, sehingga menjadi lahan usaha tani yang lebih produktif.

“Pertemuan tersebut sekaligus juga sebagai ajang silaturahmi para anggota Perhiptani di Balangan,” ujarnya.

Saat ini, katanya, BPP di Balangan telah memiliki alat-alat pertanian modern, seperti combine harvester, yaitu mesin panen yang dapat memotong, memegang, merontokkan dan membersihkan padi dalam satu waktu.

BACA JUGA :  Safari Ramadhan di Haruyan, Ketua TP PKK HST Hadiri Haul Ummana Sayedah Khadijah

“Semua penyuluh, wajib memiliki kemampuan untuk mengoperasikan mesin combine harvester tersebut,” katanya.

Pertemuan Perhiptani, tambahnya, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiga bulan sekali secara bergilir oleh tiap-tiap BPP Kecamatan.

“Pertemuan kali ini merupakan yang pertama di triwulan 2024 dengan tema Eksistensi Perhiptani Optimalisasi Penyuluhan Pertanian untuk Mewujudkan Pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern,” tambahnya.

Perhiptani sendiri merupakan organisasi profesi penyuluh yang bersifat keilmuan, keahlian, persaudaraan, kemasyarakatan dan kemandirian yang tidak terafiliasi dengan politik. (ra)

Pewarta: Khairullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Buka Balangan Expo 2024, Bupati: Bentuk Terima Kasih untuk Masyarakat

Kam Apr 25 , 2024
"Selain Putri Ariani, panggung Balangan Expo 2024 juga akan dimeriahkan Ivan Seventeen dan Band Kotak sebagai bentuk terima kasih kepada masyarakat atas dukungan dalam pembangunan"

You May Like

TABIRklip