Puncak Hari Tari Sedunia, Sekda HST: Bumi Murakata Surganya Seni dan Budaya

“Pemkab HST sangat mengapresiasi perayaan Hari Tari Sedunia yang diinisasi Gandewa Art Murakata sebagai bentuk dukungan penuh terhadap upaya pelestarian budaya dan kearifan lokal”

Sekda HST, H Muhammad Yani menyampaikan sambutan pada malam puncak perayaan Hari Tari Sedunia (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

BARABAI (TABIRKota) — Bumi Murakata merupakan surganya seni dan budaya, ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), H Muhammad Yani.

Hal tersebut dikatakannya saat puncak perayaan Hari Tari Sedunia di Pendopo Bupati HST, Ahad (28/4) malam.

Menurutnya, perayaan Hari Tari Sedunia yang baru pertama kali dilaksanakan, tersebut diinisiasi Komunitas Seni “Gandewa Art Murakata.

“Karena itu, kita sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Gandewa Art Murakata dalam upaya menjaga dan melestarikan kearifan lokal di HST,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST, katanya, melalui kebijakan Bupati setempat, H Aulia Oktafiandi juga selalu mendukung program-program kesenian dan kebudayaan setempat.

BACA JUGA :  Delapan Kali Terima Penghargaan, Bupati HST Harapkan Raih Adipura Kencana

“Salah satunya dengan difasilitasinya kegiatan seni dan budaya di Balai Rakjat Barabai yang menampung karya anak muda HST,” katanya.

Balai Rakjat Barabai saat ini menjadi wadah kegiatan rutin latihan maupun pembelajaran kesenian, seperti sanggar tari, teater, catur, kelas musik dan english club.

2024 ini, Balai Rakjat juga akan difasilitasi dengan videotron, AC dan soundsystem untuk mendukung anak muda dalam berkesenian.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Hari Tari, Ansyari Rahmat dari Gandewa Art Murakata mengatakan, perayaan Hari Tari Sedunia di HST melibatkan 300 penari dari 17 sekolah yang berbeda.

“Minat seni di kalangan pemuda HST mengalami peningkatan grafik yang cukup tinggi, tentunya agar kesenian kita tidak kalah dengan pengaruh luar,” tambahnya.

BACA JUGA :  Atasi Penyempitan Lahan, Pemkab Balangan Tingkatkan Indeks Tanam

Diharapkan, perayaan Hari Tari Sedunia mendapatkan dukungan positif dari berbagai pihak, sehingga ke depannya dapat dilaksanakan secara rutin. (ra)

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hadiri Paripurna Istimewa Harjad ke-21, Sekda Balangan Apresiasi Dukungan DPRD

Sen Apr 29 , 2024
"Dengan semangat tema Hari Jadi "Bagarak Hancap, Pambangunan Bersama Rakyat, Hasil Talihat" menjadi pijakan untuk terus berinovasi, membangun dan memajukan Balangan"

You May Like

TABIRklip