49 Peserta Seleksi Penerimaan Polri di Balangan Jalani Rikmin Awal

“Pengumuman hasil Rikmin Awal akan disampaikan pada 25 April dan bagi peserta yang dinyatakan lulus, berkasnya akan diserahkan ke tingkat Panitia Daerah (Penda) Polda Kalsel”

Para peserta seleksi penerimaan Polri di Balangan menjalani Rikmin Awal (foto: TABIRkota/khairullah)

PARINGIN (TABIRkota) – 49 peserta seleksi penerimaan Polri di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) menjalani Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal di Mapolres setempat, Arba (24/4).

Menurut Kapolres Balangan, Reza Muttaqin, Rikmin Awal meliputi pemeriksaan keabsahan ijazah pengecekan nilai rapot dan ijazah, keabsahan KTP dan Kartu Keluarga, tinggi dan berat badan, masa umur, domisili serta nilai Ujian Nasional.

“Rikmin Awal sangat berpengaruh terhadap lulus atau tidaknya peserta seleksi untuk menjadi calon anggota Polri,” ujarnya.

49 peserta seleksi penerimaan Polri di Balangan, katanya, terdiri dari 37 Bintara Polisi Tugas Umum (BPTU), lima wanita dan 32 pria.

BACA JUGA :  Lanjutkan Tongkat Estafet, Kompol I Nyoman Widiarsana Jabat Wakapolres HST

“Bintara Kompetisi Khusus (BAKOMSUS) satu orang yang diambil dari lulusan keahlian Tenaga Kesehatan (Nakes) dan dua orang dari keahlian Teknologi Informasi (TI),” katanya.

Selain itu, tambahnya, juga terdapat lima Tentara Ahli Mata-Mata (Tamtama) serta empat orang Bintara Rekrutmen Proaktif (Rekpro) yang merupakan jalur penerimaan Polri melalui tindakan penguatan, penghargaan dan pencarian bakat.

“Jalur tindakan penguatan, penghargaan dan pencarian bakat antara lain pernah juara dibidang olahraga tertentu, juara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) atau juara hafal Al Qur’an” tambahnya.

Meskipun Rikmin Awal dilaksanakan pada 24 April, namun bagi yang ingin mendaftar sebagai peserta seleksi penerimaan Polri, masih bisa karena batas akhir sampai 25 April.

BACA JUGA :  Kolaborasi dengan Adaro dan IHF, Pemkab Balangan Gelar Penguatan Kompetensi Guru PAUD

Pengumuman hasil Rikmin Awal akan disampaikan pada 25 April dan bagi peserta yang dinyatakan lulus, berkasnya akan diserahkan ke tingkat Panitia Daerah (Penda) Polda Kalsel. (ra)

Pewarta: Khairullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Murakata Coffe Battle 2024 di HST Resmi Dimulai

Kam Apr 25 , 2024
“Event tahunan Murakata Coffe Festival 2024 tersebut bukan melulu tentang minum kopi, namun bagaimana menghargai proses pembuatannya, mengenali petani lokal dan memahami peran industrinya dalam ekonomi lokal”

You May Like

TABIRklip