Indeks SPM Bidang Pendidikan Tertinggi se-Kalsel, Bupati HST Peroleh Penghargaan Kemendikbudristek RI

“Indeks SPM di HST pada 2023 lalu masih berstatus Tuntas Muda dengan angka 61,61, namun di 2024, capaiannya langsung melompat ke angka 84,57 sehingga statusnya menjadi Tuntas Madya”

Kepala BPMP Kalsel, Yuli Haryanto menyerahkan penghargaan Kemendikbudristek RI kepada Bupati HST, H Aulia Oktafiandi (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

BARABAI (TABIRkota) – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), H Aulia Oktafiandi, memperoleh penghargaan dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI karena berhasil mencapai indeks Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang pendidikan tertinggi se-Kalsel.

Penghargaan yang diberikan melalui Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Kalsel tersebut, diterima H Aulia Oktafiandi pada acara Ekspose Rapor Pendidikan 2024 di Pendopo Bupati di Barabai, ibu kota HST, Kamis (28/3).

Menurut Kepala BPMP Kalsel, Yuli Haryanto, indeks SPM di HST pada 2023 lalu masih berstatus Tuntas Muda dengan angka 61,61.

“Namun di 2024, capaiannya langsung melompat ke angka 84,57 sehingga statusnya menjadi Tuntas Madya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Puluhan Pramukopi "Adu Mekanik" di Ajang Murakata Coffe Festival 2024

Kemampuan literasi jenjang Sekolah Dasar (SD) umum 2024, HST berada di posisi tertinggi dibandingkan dengan 12 kabupaten/kota lainnya di Kalsel dengan skor 84,17.

Dalam rapor pendidikan, tambahnya, kemampuan numerasi jenjang SD umum di HST juga menjadi tertinggi se-Kalsel dengan angka 84,62, meningkat dibandingkan 2023 lalu yang berada di angka 49,92.

“Kemampuan karakter pada jenjang SD umum juga meningkat dengan skor 62,31, sedangkan 2023 lalu nilainya 52,92,” katanya.

Dalam Rapor Pendidikan Indonesia, orang tua dan masyarakat dapat mempelajari secara ringkas mengenai kondisi pendidikan skala nasional, meliputi indikator kualitas pembelajaran, capaian indikator penting gambaran kondisi satuan pendidikan di seluruh jenjang serta hasil Asesmen Nasional (AN) dan beberapa sumber data yang dijadikan sebagai alat ukur pendidikan yang komprehensif.

BACA JUGA :  Bangun Komitmen Bersama, Tim Saber Pungli HSS Gelar Sosialisasi Pencegahan di Lingkup Pendidikan

Maka hadirlah platform Rapor Pendidikan sebagai episode merdeka belajar ke 19/Permendikbudristek Nomor 9 2022 yang berisi laporan hasil AH dan analisa data lintas sektor untuk masing-masing satuan pendidikan dan daerah. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Terima Penghargaan Kemendikbudristek RI, Bupati HST Ajak Tingkatkan Mutu Pendidikan

Jum Mar 29 , 2024
"Penting adanya kerjasama semua pihak untuk mengidentifikasi masalah, mencari solusi dan melaksanakan tindakan yang konkret untuk meningkatkan mutu pendidikan di HST"

You May Like

TABIRklip