Jajaran Pemkab Barsel Ikuti Peringatan Harlah Pancasila Secara Virtual

“Tema peringatan Harlah Pancasila 2024 kali ini mencerminkan pentingnya Pancasila dalam menyatukan bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa”

Upacara peringatan Harlah Pancasila 2024 secara virtual (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Pejabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rahmat Nuryadin bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, mengikuti upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila secara virtual di Aula Kantor Bupati, Sabtu (1/6).

Upacara peringatan dengan tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 tersebut, dipimpin Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam amanatnya, Joko Widodo mengatakan, tema yang diusung pada peringatan Harlah Pancasila 2024 ini mencerminkan pentingnya Pancasila dalam menyatukan bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa.

Upacara peringatan Harlah Pancasila 2024 di Mako Satsamapta Polres Barsel (foto: TABIRkota/ist)

“Nilai-nilai Pancasila harus diaktualisasikan dan diwariskan dalam perilaku nyata serta kebijakan-kebijakan nyata,” katanya.

BACA JUGA :  Kasus DBD Mulai Muncul, DPRD Barsel Minta Pemkab Lakukan Fogging

Hasil dan manfaatnya, ujarnya, harus jelas dan dapat dirasakan rakyat di tengah perkembangan zaman saat ini.

“Sehingga kehadiran Pancasila dapat menjadi pembebas ketergantungan bangsa Indonesia dari pihak asing,” ujarnya.

Karena itu, semua pihak diimbau untuk terus memperkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi.

Sementara itu, upacara peringatan Harlah Pancasila juga dilaksanakan jajaran Polres Barsel di halaman Mako Satsamapta, Jalan Tugu, Buntok.

Pada kesempatan itu, Kapolres Barsel, AKBP Asep Bangbang selaku pembina upacara, membacakan amanat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI.

Menurutnya, peringatan Harlah Pancasila kali ini dilaksanakan untuk memperkuat jiwa nasionalisme dan sebagai pengingat bahwa Pancasila sebagai identitas nyata negara.

BACA JUGA :  Parkir Liar di Buntok Mulai Meresahkan, DPRD Barsel Minta Pemkab Lakukan Penertiban

“Peringatan ini hendaknya kita jadikan momentum untuk melatih rasa tanggung jawab, memupuk jiwa patriotisme dan menanamkan kembali nilai-nilai serta semangat nasionalisme,” ujarnya.

Untuk mewujudkan negara yang tangguh, seluruh lapisan masyarakat harus konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan serta kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: Akhmad Madani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pesilat Balangan Raih Gelar Terbaik di Ajang Kejurnas Pencak Silat PPLP/PPLPD/SKO se-Indonesia

Sab Jun 1 , 2024
"Selain prestasi yang ditorehkan Muhammad Sandi Ananda, pesilat lainnya, masing-masing Bunawar dan Muhammad Padillah juga berhasil mengharumkan nama daerah dengan raihan medali perunggu"

You May Like

TABIRklip