Buka Pelatihan Potensi SAR, Pj Bupati Tabalong: Kita Perlu Personel yang Sigap

“Keterlibatan seluruh komponen masyarakat sangat penting untuk memperluas jangkauan tim SAR, terutama di wilayah pelosok”

Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah saat memberikan sambutan (foto: TABIRkota/ilham)

TANJUNG (TABIRKota) — Dalam menghadapi situasi darurat, kita memerlukan personel yang sigap, ujar Pj Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), Hj Hamida Munawarah.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka pelatihan potensi Search And Rescue (SAR) Basarnas Banjarmasin, di Balai Rakyat Dandung Suchrowardi, Tanjung, Senin (10/6).

Menurutnya, pelatihan teknis potensi SAR tersebut merupakan upaya meningkatkan kapasitas dalam penanganan bencana.

“Ketika menangani bencana atau situasi darurat yang memerlukan pertolongan pertama, kita butuh personel yang memiliki respon cepat, tepat dan efektif,” ujarnya.

Pelatihan tersebut, katanya, sangat tepat dan efektif untuk membekali relawan dalam melakukan pertolongan awal sebelum korban ditangani tim medis lanjutan.

BACA JUGA :  Puncak Bazaar HST Kreatif 2024 "Digoyang" Teguh Vagetoz

“Potensi terjadi bencana atau kecelakaan tidak dapat ditebak, bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, sehingga dibutuhkan kemampuan tepat,” katanya.

Hal tersebut, tambahnya, salah satu upaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas relawan dalam menangani situasi darurat di Tabalong.

“Terlebih keterlibatan seluruh komponen masyarakat juga merupakan wujud memperluas jangkauan yang tidak hanya terbatas pada wilayah tertentu saja, namun hingga ke pelosok,” tambahnya.

Melalui pelatihan tersebut, diharapkan para peserta dapat memperdalam pengetahuan dan keterampilan teknis, terutama dalam memberikan pertolongan pertama di lapangan. (fer)

BACA JUGA :  Bangun Komitmen Bersama, Tim Saber Pungli HSS Gelar Sosialisasi Pencegahan di Lingkup Pendidikan

Pewarta: Ilham Ali Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PC PMII Tabalong Gelar Silaturahmi Kader Lintas Generasi dan Mapaba

Sen Jun 10 , 2024
"Pengkaderan formal PC PMII Tabalong sempat terhenti pada pengurus masa khidmat 2021 - 2023 karena terkendala beberapa hal dan baru dilaksanakan kembali di 2024 ini sebagai langkah konkrit untuk memulai kembali sistem pengkaderan"

You May Like

TABIRklip