Wakil Ketua I DPRD Barsel Harap Kades Mampu Kelola SDA Desa

“Kepala Desa dituntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi SDA serta sumber daya manusia yang ada”

Wakil Ketua I DPRD Barsel, Hj Nyimas Artika (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), Hj Nyimas Artika mengharapkan, Kepala Desa (Kades) mampu mengelola sumber daya alam (SDA) yang ada di desanya masing-masing.

Menurutnya, dalam menjalankan tugas penyelenggaraan pembangunan, kades dituntut untuk mampu menggali dan mengelola potensi SDA dan sumber daya manusia yang ada.

“Kades harus mampu mensinergikan antara potensi dan program Pemerintah Desa (Pemdes) dengan program pemerintah,” ujarnya di Buntok, ibu kota Barsel, Jum’at (3/5).

Kades, katanya, juga diminta untuk benar-benar melaksanakan tugasnya dengan penung tanggung jawab.

BACA JUGA :  Parkir Liar di Buntok Mulai Meresahkan, DPRD Barsel Minta Pemkab Lakukan Penertiban

“Karena penyelenggaraaan Pemdes merupakan sistem dari sub sistem pemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Ia menambahkan, sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemdes sangat penting untuk menghindari tumpang tindih dalam melaksanakan pembangunan.

“Kades juga diharapkan mampu menjadi motivator dalam pelaksanaan program pembangunan,” tambahnya.

Terlebih, program pembangunan yang berbasis pemberdayaan masyarakat dengan sumber dana dari pemerintah seperti PNPM, ADD, Raskin dan bantuan yang bersifat langsung. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: Akhmad Madani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kantor Pambakal

Jum Mei 3 , 2024
Uploader: Zidna Rahmana Pewarta: Akhmad Madani Post Views: 70 BACA JUGA :  Reses di 50 Kelurahan dan Desa, DPRD Barsel Tampung 685 Aspirasi Masyarakat

You May Like

TABIRklip