“Menyala”, Ribuan Peserta Meriahkan Kirab Obor di HSS

“Para peserta berjalan kaki dengan rute Jalan Pemuda, ke Jalan Panglima Batur, Jalan Parindra, Jalan Aluh Idut, Jalan A Yani, dan kembali ke Lapangan Lambung Mangkurat”

Para peserta kirab obor menggunakan kostum pejuang (foto: TABIRkota/alfi syahrin)

KANDANGAN (TABIRkota) — Ribuan peserta memeriahkan malam Kirab Obor di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diselenggarakan Dewan Harian Cabang (DHC) 45 HSS dan Vertical Rescue Indonesia (VRI) Regional Kalsel, hingga membuat kabupaten setempat “menyala” oleh cahaya.

Digelarnya kirab obor tersebut menandakan malam puncak peringatan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan 17 Mei 1949, di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Sabtu (18/5) malam.

Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) 45 HSS, Syamsuri Arsyad mengatakan, kirab obor tersebut merupakan agenda tahunan yang selalu dinantikan para organisasi dan pelajar, antusiasme dan jumlah pesertanya pun makin meningkat.

BACA JUGA :  "Lamar" Demokrat, Udin Anshar Gencar Lakukan Komunikasi Politik Jelang Pilkada 2024

“Diluar perkiraan, prediksi kami jumlah peserta tahun ini 500 orang dan sebagai antisipasi panitia menyediakan 700 obor, ternyata yang datang lebih dari 1000 orang,” katanya.

Kostum peserta, ujarnya, pada tahun ini lebih beragam dan lebih bervariasi dari sebelumnya, namun didominasi ala pejuang zaman dulu.

“Tentu hal ini akan menjadi pengalaman berharga bagi kami untuk menggelar kegiatan lebih maksimal lagi dan meningkatkannya di tahun berikutnya,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Vertical Rescue Indonesia (VRI) Regional Kalsel, Fathurrahman menambahkan, pihaknya bersama seluruh peserta jejak juang membawa kirab bendera raksasa dalam kegiatan tersebut.

“Rekanan yang terlibat di pengibaran bendera raksasa di Tebing Batu Bini, Kecamatan Padang Batung kembali beraksi dengan membentangkannya pada kirab obor,” tambahnya.

BACA JUGA :  Dukung Kenyamanan Beribadah, Pemkab HSS Berikan Bantuan Karpet Masjid dan Langgar

Pada kirab obor tersebut, para peserta melewati Jalan Pemuda, ke Jalan Panglima Batur, Jalan Parindra, Jalan Aluh Idut, Jalan A Yani, dan kembali ke Lapangan Lambung Mangkurat.

Diharapkan Peringatan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan tersebut menjadi bagian penting khususnya generasi muda untuk mewarisi nilai perjuangan para pendahulu. (fer)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: M Alfi Syahrin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Lantik Pengurus LPTQ, Bupati Balangan Targetkan Tiga Besar di Ajang MTQ Nasional ke-36 Kalsel

Sen Mei 20 , 2024
"Pemkab Balangan bersama LPTQ setempat memiliki tugas besar, yaitu mencari serta menyaring para kafilah handal dan unggul untuk dipersiapkan menghadapi ajang MTQ ke-36 mendatang"

You May Like

TABIRklip