Bupati Balangan Lepas Keberangkatan 15 Agamawan Hindu Perdalam Ilmu Agama ke India dan Nepal

“Keberangkatan 15 agamawan Hindu tersebut merupakan bentuk dukungan dan bagian dari upaya Pemkab Balangan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khususnya di bidang keagamaan”

Bupati Balangan, H Abdul Hadi bersama para agamawan Hindu yang akan memperdalam ilmu agama ke India dan Nepal (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) memberangkatkan 15 agamawan Hindu setempat untuk memperdalam ilmu agama ke India dan Nepal.

Keberangkatan 15 agamawan Hindu tersebut, dilepas secara resmi oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi dalam acara Pelepasan Rombongan Tirtayatra India dan Nepal di Aula Benteng Tundakan, Paringin Selatan, Senin (6/5).

Menurut H Abdul Hadi, keberangkatan 15 agamawan Hindu tersebut merupakan bagian dari upaya Pemkab Balangan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khususnya di bidang keagamaan.

“Program ini merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap para agamawan untuk mendalami pengetahuan keagamaan mereka,” ujarnya.

BACA JUGA :  Jelang Ujian, SDN 2 Barabai Timur Gelar Arak-arakan dan "Batamat" Al-Qur'an

Program tersebut, katanya, akan terus dilaksanakan Pemkab Balangan dengan memberangkatkan para agamawan belajar agama ke luar negeri setiap tahunnya.

“Balangan itu majemuk dengan banyak pemeluk agama yang berbeda-beda namun hidup rukun berdampingan sejak dahulu, sehingga toleransi itu harus dijunjung tinggi,” katanya.

Tidak hanya Hindu, tambahnya, agamawan dari agama lain juga akan difasilitasi Pemkab Balangan untuk memperdalam ilmu agama ke luar negeri.

“Tentunya kita lakukan secara proporsional menurut persentase jumlah penganut agama yang ada di Balangan,” tambahnya.

Salah seorang agamawan Hindu yang turut dalam rombongan keberangkatan ke India dan Nepal, Mariana mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan Pemkab Balangan.

BACA JUGA :  Dukung Kafilah, Bupati Balangan Hadiri Pembukaan MTQ Nasional XXXV Kalsel di Tapin

“Kami ummat Hindu sangat bahagia, karena selama berdirinya Balangan, baru kali ini ada program yang memberangkatkan para agamawan untuk memperdalam ilmu agama ke luar negeri,” katanya.

Setelah melakukan pendalaman ilmu agama di India dan Nepal, para agamawan diharapkan dapat membimbing generasi muda Hindu di Balangan agar mampu bersaing dengan pemuda pemudi Hindu di daerah lain. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kotak

Sen Mei 6 , 2024
Uploader: Zidna Rahmana Pewarta: M Rastaferian Pasya Post Views: 73 BACA JUGA :  Wakil Ketua DPRD Harapkan Segera Ada Kantor BNN di HST

You May Like

TABIRklip