Buka Talkshow Literasi Digital, Kadisdik Banjar Dorong Guru Tingkatkan Kualitas Kekuatan Literasi Digital

“Para guru harus mampu mengeksplorasi bagaimana pentingnya kehadiran era digital yang telah mendorong perkembangan dunia pendidikan di setiap daerah di Indonesia, khususnya di Banjar”

Kadisdik Banjar, Liana Penny memberi sambutan sebelum membuka kegiatan Halalbihalal dan Talkshow Literasi Digital (foto: TABIRkota/dok)

BANJARMASIN (TABIRkota) – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Banjar, Liana Penny mendorong para guru di kabupaten setempat agar bersama-sama meningkatkan kualitas literasi digital.

Hal tersebut disampaikan Liana Penny saat membuka kegiatan Halalbihalal PTK se-Banjar dan Talkshow Literasi Digital di Gedung Sultan Suriansyah, Jalan Brigjen H Hasan Basry, Kayu Tangi, Banjarmasin, Senin (20/5).

Menurutnya, para guru harus mampu mengeksplorasi bagaimana pentingnya kehadiran era digital yang telah mendorong perkembangan dunia pendidikan di setiap daerah di Indonesia, khususnya di Banjar.

“Dengan cakupan teknologi internet yang dapat diakses hingga pelosok negeri, bahkan seluruh dunia, remaja dan generasi muda harus memiliki kemampuan untuk menjaring informasi yang bernilai sehingga dapat dimanfaatkan serta mampu meningkatkan kualitas pembelajaran,” ujarnya.

BACA JUGA :  Harlah Pancasila, Wawali Banjarmasin Ajak Masyarakat Bumikan Nilai-Nilai Pancasila

Oleh karena itu, katanya, untuk mendukung upaya mewujudkan generasi emas yang cakap digital, perlu bersama-sama mendorong perilaku positif bagi generasi muda, khususnya siswa, dengan menanamkan nilai tanggung jawab, empati, sopan santun dan kejujuran.

“Dengan demikian, penguasaan literasi digital di dunia pendidikan, terutama di era digital ini, menuju era Indonesia emas yang cakap digital dan juga beretika,” katanya.

Keberadaan internet diakui bagai dua sisi mata uang yang bila digunakan secara cerdas, memiliki potensi besar untuk memberi dampak positif bagi penggunanya, namun bila tidak digunakan dengan bijak, internet juga dapat memunculkan berbagai ancaman, resiko keamanan dan privasi serta potensi penyalahgunaan internet yang akan merugikan penggunanya.

BACA JUGA :  Dukung Atasi Stunting, Bulog Sub Divre Barabai Siap Distribusikan Beras Fortivit

Dengan semangat inovasi dan kolaborasi yang kuat, tambahnya, akses serta kualitas pendidikan berkembang pesat di era digital saat ini.

“Mari kita mulai menjelajahi potensi dan bersama-sama mewujudkan masa depan cemerlang bagi pendidikan di Indonesia, khususnya di Banjar,” tambahnya.

Talkshow yang diselenggarakan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tersebut, diharapkan akan menjadi langkah awal dan menginspirasi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi digital bagi seluruh tenaga pendidik di Banjar.

Selain Liana Penny, talkshow dengan tema Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar tersebut, juga menghadirkan Ketua TP PKK Banjar, Hj Nurgita Tiyas dan dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Muhammad Ridha sebagai nara sumber. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

BACA JUGA :  Siap Bertarung di Pilkada HSS, H Udin Anshar "Lamar" Gerindra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pelihara Kemampuan Tempur, Kodim 1002/HST Laksanakan Latihan Tembak Senjata Ringan

Sel Mei 21 , 2024
"Prajurit Kodim 1002/HST menembak menggunakan pistol dan senapan, maaing-masing berjarak 15 meter serta 100 meter"

You May Like

TABIRklip