Pelihara Kemampuan Tempur, Kodim 1002/HST Laksanakan Latihan Tembak Senjata Ringan

“Prajurit Kodim 1002/HST menembak menggunakan pistol dan senapan, maaing-masing berjarak 15 meter serta 100 meter”

Dandim 1002/HST saat latihan menembak menggunakan pistol (foto: TABIRkota/pendim hst)

BARABAI (TABIRkota) — Kodim 1002/HST melaksanakan latihan menembak senjata ringan untuk memelihara kemampuan tempur prajurit pada triwulan kedua 2024, di Lapangan Tembak Yonif 621/Manuntung, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (21/5).

Menurut Dandim 1002/HST, Letkol Inf Fery Perbawa, indikator keberhasilan dalam latihan adalah keamanan dan keselamatan.

”Kepada seluruh peserta latihan baik Perwira, Bintara dan Tamtama agar mengedepankan faktor keamanan dan keselamatan sesuai mekanisme serta prosedur tetap latihan menembak,” ujarnya.

Latiha tembak tersebut, katanya, menggunakan dua jenis senjata ringan yaitu jenis Pistol (P1) dan senjata senapan laras panjang SS1 Pindad.

BACA JUGA :  Kolam Regulasi di HST Ramai Dikunjungi, PM Adhi Cipta: Belum Dibuka untuk Umum

“Jarak tembak Pistol 15 meter dengan 13 munisi tiga koreksi, 10 penilaian, sikap dua tanga,” katanya.

Sedangkan senapan 100 meter, 33 munisi tiga koreksi, 30 penilaian meliputi 3 sikap tiarap, duduk dan berdiri, masing-masing sikap 10 butir.

Komandan Latihan, Letda Inf Riyanto menambahkan, latihan menembak senjata ringan ini merupakan program yang sudah terjadwal pada setiap triwulan.

“Tujuan latihan menembak tersebut adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan setiap prajurit baik untuk menembak sesuai pegangan masing-masing yang diatur dalam Daftar Susunan Personel dan Peralatan atau DSPP,” tambahnya.

Pada latihan tembak tersebut, diharapkan seluruh prajurit dapat melaksanakan latihan secara kualitatif agar memiliki kemampuan dan kemahiran untuk menggunakan senjatanya.

BACA JUGA :  Musnahkan Barbuk

Kepada prajurit agar memanfaatkan wakty latihan secara maksimal dan betul-betul merasakan perkenaannya, sehingga peluru tidak terbuang sia-sia. (fer)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jelang Idul Adha 1445 Hijriyah, Pemkab Balangan Periksa Kesehatan Hewan Qurban

Sel Mei 21 , 2024
"Dari hasil pemeriksaan Tim Kesehatan Hewan, tidak ditemukan tanda-tanda penyakit pada stok hewan qurban yang dimiliki para pengusaha di Balangan"

You May Like

TABIRklip