Awali Program DEA di Desa, BPSDMP Kominfo Banjarmasin Gelar Pelatihan DTS di Tambak Bitin HSS

“Pada kegiatan pelatihan DTS, para peserta dibekali pemahaman tentang bagaimana memulai usaha maupun yang ingin memajukan usaha yang telah ada”

Foto bersama pada pembukaan kegiatan Pelatihan DTS di Tambak Bitin (foto: TABIRkota/bpsdmp kominfo bjm)

BANJARBARU (TABIRkota) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengawali program Digital Enterpreneurship Academy (DEA) di Desa dengan menggelar pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) di Desa Tambak Bitin, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Menurut Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin, Syarifuddin, kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam dua gelombang, masing-masing 13 – 14 Mei dan 16 – 17 Mei mendatang di Majelis Ta’lim Sa’adatul Muttaqin, Tambak Bitin dengan total peserta sebanyak 100 orang.

“Kagiatan tersebut mengangkat dua tema pelatihan, yaitu Kewirausahaan Digital Dasar dan Pemasaran Digital Dasar,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima TABIRkota.com di Banjarbaru, ibu kota Kalsel, Selasa (14/5).

Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin, Syarifuddin membuka kegiatan Pelatihan DTS (foto: TABIRkota/bpsdmp kominfo bjm)

Pelatihan DTS, katanya, dilaksanakan dalam upaya mendorong pemberdayaan digitalisasi ekonomi desa.

BACA JUGA :  Promosikan UMKM, Pemkab HST Gelar Bazar Kreatif 2024

“Pada kegiatan tersebut, para peserta dibekali pemahaman tentang bagaimana memulai usaha maupun yang ingin memajukan usaha yang telah ada,” katanya.

Dengan menghadirkan dua nara sumber, yaitu pengusaha dan dosen dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, menjadikan pelatihan tersebut merupakan gabungan dari teori dan praktik.

Kelompok ibu-ibu peserta pelatihan memberikan presentasi (foto: TABIRkota/bpsdmp kominfo bjm)

Sementara itu, Sekretaris Desa (Sekdes) Tambak Bitin, Amin Rais mewakili Pambakal (Kepala Desa) setempat mengatakan, Tambak Bitin merupakan satu-satunya desa di HSS yang bekerja sama dengan BPSDMP Kominfo Banjarmasin.

“Semoga apa yang disampaikan nara sumber pada kegiatan pelatihan, dapat benar-benar diterima dan bermanfaat bagi para peserta,” katanya.

BACA JUGA :  Turunkan Inflasi, Pemkab HST Buka Stand Pasar Murah di Pasar Ramadhan

Dari seluruh wilayah kerja BPSDMP Kominfo Banjarmasin, Tambak Bitin merupakan desa pertama yang dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan pelatihan DTS dan diharapkan akan menjadi pembuka jalan bagi desa-desa lainnya untuk mendapatkan pelatihan serupa.

Kedepan, diharapkan bukan hanya pelatihan DTS yang dapat dilaksanakan di Tambak Bitin, tapi juga kegiatan-kegiatan lain, seperti pelatihan untuk aparatur desa dan lainnya. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Komunitas Pers Tolak Draf RUU Penyiaran

Sel Mei 14 , 2024
"Upaya menggembosi kemerdekaan pers sudah lima kali dilakukan oleh pemerintah maupun legislatif, antara lain tecermin melalui isi UU Pemilu, peraturan KPU, pasal dalam UU Cipta Kerja, KUHP dan terakhir RUU Penyiaran"

You May Like

TABIRklip