DPRD Barsel Minta Pemdes Transparan Penggunaan Dana Desa

“Transparansi dana desa harus disampaikan atau diberitahukan bukan hanya kepada instansi terkait, tetapi juga kepada masyarakat agar tidak menimbulkan kecurigaan”

Anggota Komisi I DPRD Barsel, Rida Sri Ahlina (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) minta Pemerintahan Desa (Pemdes) di kabupaten setempat agar transparan dalam penggunaan Dana Desa.

Menurut Anggota Komisi I DPRD Barsel, Rida Sri Ahlina, dalam rangka transparansi tersebut, Pemdes di wilayah kabupaten setempat diminta untuk mengumumkan secara terbuka Dana Desa masing-masing.

“Hal tersebut penting dilakukan dalam rangka memberikan informasi secara transparan tentang penggunaan Dana Desa masing-masing,” ujarnya di Buntok, ibu kota Barsel, Arba (17/4).

Transparansi dana desa, katanya, harus disampaikan atau diberitahukan bukan hanya kepada instansi terkait, tetapi juga kepada masyarakat.

BACA JUGA :  Barsel Raih Peringkat Satu Sistem Tata Kelola Penyelenggaraan Pemerintah Daerah se-Kalteng

“Sehingga tidak memunculkan kecurigaan yang bisa saja berujung pada kisruh atau konflik di masyarakat,” katanya.

Karena itu, tambahnya, pengelolaan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa (ADD), harus selalu terbuka sehingga tidak ada asumsi negatif dari warga.

“Setiap penggunaan dana, baik yang bersumber dari pusat, provinsi maupun kabupaten, harus betul-betul disampaikan secara transparan oleh Pemdes,” tambahnya.

Melalui keterbukaan dan transparansi, akan memudahkan setiap orang, baik warga desa setempat maupun yang datang dari luar, dapat dengan mudah melihat secara jelas perencanaan dan penggunaan Dana Desa. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

BACA JUGA :  DPRD Barsel Apresiasi Langkah Cepat Pemkab Antisipasi Penyebaran DBD

Pewarta: Akhmad Madani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dinilai Kurang Representatif, Pemko Banjarmasin Rencanakan Revitalisasi KBM Jahri Saleh

Kam Apr 18 , 2024
“Lokasi KBM Jahri Saleh dinilai kurang representatif karena berada di tengah pemukiman warga dan dari kegiatannya menghasilkan polusi suara serta limbah”

You May Like

TABIRklip