Bimbingan Manasik Haji, Bupati Balangan Minta Jamaah Maksimalkan Kesiapan ke Tanah Suci

“Pelaksanaan haji pada 2024 ini diikuti 196 jamaah, terdiri dari 193 orang ditambah dua petugas kesehatan dan satu petugas haji daerah”

Bimbingan Manasik Haji jamaah reguler Balangan (foto: TABIRkota/mc blgn)

PARINGIN (TABIRkota) – Bupati Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), H Abdul Hadi meminta kepada para jamaah kabupaten setempat agar memaksimalkan persiapan untuk keberangkatan menjalankan ibadah haji ke tanah suci, Mekah.

Hal tersebut disampaikan H Abdul Hadi melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Balangan, Rody Rahmady Noor saat menghadiri kegiatan Bimbingan Manasik Haji bagi Jamaah Haji Reguler Kabupaten Balangan Tahun 1445 Hijriyah / 2024 Masehi yang dilaksanakan di Gedung PLHUT Kantor Kementrian Agama (Kakemenag) setempat, Kamis (18/4).

Pada kegiatan yang diinisiasi Kemenag Balangan tersebut ia mengatakan, penting bagi para jamaah untuk memperdalam pengetahuan serta pemahaman tentang ibadah haji.

BACA JUGA :  Puluhan Pramukopi "Adu Mekanik" di Ajang Murakata Coffe Festival 2024

“Gunakan kesempatan Bimbingan Manasik Haji ini untuk mempersiapkan diri agar dapat menjalankan ibadah haji dengan sempurna,” katanya.

Menurutnya, perhatian dan arahan yang diberikan para petugas serta pembimbing haji diharapkan dapat membantu jamaah mempersiapkan diri secara optimal dalam menjalani ibadah.

“Kesempatan ini harus dimanfaatkan secara maksimal untuk memastikan bahwa jamaah memiliki pemahaman yang mendalam tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Kankemenag Balangan, Rahmadi mengatakan, pelaksanaan haji kali ini akan diikuti 193 jemaah.

“Jumlah tersebut belum termasuk tambahan dua petugas kesehatan dan satu petugas haji daerah, sehingga total yang berangkat sebanyak 196 jamaah,” katanya.

BACA JUGA :  Buka Talkshow Literasi Digital, Kadisdik Banjar Dorong Guru Tingkatkan Kualitas Kekuatan Literasi Digital

Namun, ujarnya, saat keberangkatan nanti jumlah jamaah masih sangat mungkin berubah.

“Karena ada kemungkinan jamaah dari luar kabupaten yang mutasi ke Balangan dan sebaliknya, kemungkinan ada jamaah Balangan yang mutasi ke luar kabupaten karena perpindahan domisili,” ujarnya.

Kegiatan Bimbingan Manasik Haji dilaksanakan selama sepuluh hari, dari 18 hingga 27 April mendatang, dimana dua hari pelaksanaan dipusatkan di ibu kota kabupaten dan delapan hari lainnya digelar di masing-masing kecamatan. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sedang dalam tahap pemeliharaan, silahkan tunggu!

Jum Apr 19 , 2024
Saat ini TABIRkota sedang dalam tahap pemeliharaan setelah migrasi ke hosting terbaru, silahkan tunggu update selanjutnya, terimakasih 🙂 Post Views: 72 BACA JUGA :  Dibuka Ketua TP PKK, Lomba Ba'arak Tanglong di Balangan Berlangsung Meriah

You May Like

TABIRklip