300 Penari Meriahkan Perayaan Hari Tari Sedunia di HST

“300 penari yang berpartisipas para perayaan Hari Tari Sedunia tersebut terdiri dari para pelajar dari 17 sekolah yang ada di HST, yang membawakan tari tradisional dan modern dance”

Sekda HST, Muhammad Yani membuka perayaan Hari Tari Sedunia yang melibatkan 300 penari (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

BARABAI (TABIRKota) — 300 penari di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) memeriahkan perayaan Hari Tari Sedunia 2024.

Perayaan diawali dengan karnaval para penari yang dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) HST, H Muhammad Yani, di Lapak Seni Dwi Warna Barabai, Ahad (28/9).

Menurutnya, perayaan hari tari tersebut merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di HST.

“Alhamdulillah Bupati HST, H Aulia Oktafiandi sangat mendukung dan memfasilitasi perayaan ini dengan berbagai kegiatan, salah satunya pertunjukan tari yang akan digelar di Pendopo, nanti malam,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Perayaan Hari Tari Dunia, Ansyari Rahmat dari Komunitas Seni “Gandewa Art” mengatakan, 300 penari yang berpartisipasi pada acara tersebut berasal dari 17 sekolah yang ada di HST.

BACA JUGA :  Hadiri HKG PKK ke-52, Bupati HST Ajak Tingkatkan Semangat, Komitmen dan Kebersamaan

“Tak hanya tarian tradisiomal, para pelajar juga menampilkan modern dance dengan antusias yang luar biasa,” katanya.

Tujuannya, tambah Ansyari, agar para pelajar mempunyai rasa kecintaan kepada seni tari sejak dini.

“Sekarang, grafik kecintaan pelajar terhadap tari di HST meningkat pesat, tentunya ini membanggakan karena ada generasi penerus tari,” tambahnya.

Diharapkan, perayaan hari tari tersebut dapat dilaksanakan rutin setiap tahun agar para pelaku seni tari di HST memiliki wadah untuk berekspresi.

Perayaan Hari Tari Sedunia yang diperingati setiap 29 April, merupakan salah satu upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya dalam bidang tari yang berlangsung secara internasional. (ra)

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Nobar Piala Asia U23 di HST Kantongi Izin Resmi dari MNC Group

Sen Apr 29 , 2024
"Untuk menyelenggarakan acara nobar semi final Piala Asia U23, Pemkab HST telah membayar hak siaran kepada hak siaran sebesar sekitar Rp11 juta"

You May Like

TABIRklip