Peringatan Proklamasi 17 Mei 1949, VRI Kalsel Kibarkan Merah Putih Raksasa di Tebing Batu Bini

“Selain pengibaran bendera Merah Putih Raksasa, peringatan proklamasi 17 Mei 1949 juga diisi dengan menelusuri jejak pejuang, pawai obo, baksos dan layanan kesehatan”

VRI Kalsel saat mengibarkan Bendera Merah Putih raksasa pada 17 Agustus 2023 lalu (foto: TABIRkota/alfi syahfin)

KANDANGAN (TABIRKota) – Vertical Rescue Indonesia Regional Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Koordinator Wilayah (Korwil) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) akan melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa pada peringatan Proklamasi 17 Mei 1949 Gubernur tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan 2024.

Pengibaran tersebut akan digelar pada (18/5) mendatang, di Tebing Batu Bini, Kecamatan Padang Batung.

Koordinator Pelaksana, Fathurrahman mengatakan, pelaksanaan pengibaran tersebut melanjutkan program dari VRI 2023 lalu.

“Sebelumnya pengibaran dilaksanakan pada 17 Agustus dengan ukuran lebih kecil, namun kawan-kawan mengusul bendera raksasa 10 x 20 meter untuk dikibarkan saat peringatan Divisi IV ALRI,” katanya.

BACA JUGA :  Dilaporkan Dugaan Malpraktik, RSUD Ulin Banjarmasin Yakin Nakes Bertindak Sesuai SOP

Pada pengibaran tersebut, ujarnya, akan digelar juga berbagai kegiatan, seperti menelusuri jejak perjuangan atau luran teks proklamasi 17 Mei dari Telaga Langsat hingga Mandapai.

“Selain itu, kegiatan juga diisi diskusi sejarah, mengheningkan cipta atau do’a bersama, pelayanan kesehatan, bakti sosial dan pawai obor pejuang,” ujarnya.

Pada Ahad (18/5) malam, tambahnya, akan digelar juga kirab obor dan bendera raksasa mengelilingi Kota Kandangan dan mengunjungi Makam Pahlawan Aluh Idut dan Tumpang Talu.

“Para peserta akan mengenakan kostum pejuang dan yang terbaik mendapatkan hadiah utama berupa uang pembinaan serta tropi untuk juara pertama hingga ketiga,” tambahnya.

BACA JUGA :  Dua Band Lokal Meriahkan Bazaar HST Kreatif 2024

Dalam penyelenggaraannya, VRI Kalsel bekerja sama dengan berbagai organisasi meliputi DHC 45 HSS, KPA Meratus Hijau, Wanariva, Palang Merah Indonesia dan Tagana.

Selain itu, pengibaran tersebut juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalsel, Pemerintah Kabupaten HSS dan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin. (fer)

Pewarta: M Alfi Syahrin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Niat Membangun Kampung Halaman, Rasyid Ridha Daftar Berkas Calon Bupati HST ke Nasdem

Sel Mei 7 , 2024
"Masa terakhir pendaftaran calon Bupati, Nasdem telah menerima empat berkas dan dua calon Wakil Bupati HST"

You May Like

TABIRklip