Pastikan Aman Konsumsi, Dinkes HST Awasi Peredaran Produk Pangan Selama Ramadhan

“Selama Ramadhan, Dinkes HST melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap olahan makanan atau minuman, baik dari segi kebersihan tempat jualan, tanggal kadaluarsa dan bahan pengawet yang digunakan”

Pasar wadai di Pasar Keramat Barabai (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

BARABAI (TABIRKota) — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan upaya pengawasan produk pangan yang beredar selama Ramadhan untuk memastikan keamanan saat dikonsumsi masyarakat.

Kepala Dinkes HST, dr Desfi Delfiana mengatakan, pihaknya akan membentuk tim di lapangan yang melakukan pengawasan dan pembinaan dengan melibatkan bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas).

“Kami juga nantinya melibatkan Sumber Daya Kesehatan (SDK) seksi farmasi, industri pangan rumah tangga dan unsur terkait, seperti Dinas Perdagangan serta Dinas Ketahanan pangan,” ujarnya, di Barabai, Ibu Kota HST, Ahad (17/3).

Pengawasa dan pembinaan, katanya, dilakukan terhadap olahan makanan atau minuman, baik dari segi kebersihan tempat jualan, tanggal kadaluarsa dan bahan yang digunakan, kalau menggunakan pengawet harus ada izin edar dan sertifikatnya.

BACA JUGA :  Hadiri Paripurna Istimewa Harjad ke-21, Sekda Balangan Apresiasi Dukungan DPRD

“Kami menyasar Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) yang sudah ada izin edar, kalaunya belum maka akan dilakukan Inspeksi Mendadak (Sidak),” katanya.

Dinkes HST juga melakukan pengawasan dan akan mengunjungi pasar Ramadhan di samping Mesjid Agung Riyadusshalihin Barabai dan tempat menjual makanan atau minuman.

Bagi penjual yang tidak sesuai syarat, tambahnya, maka tim gabungan akan melakukan pemeriksaan, terutama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sanksinya berupa ijin edar dicabut.

“Tim nantinya juga akan terjun ke lapangan dengan melibatkan lintas bidang di Dinkes HST untuk melakukan pengawasan, mungkin pada Senin (18/3) mendatang,” tambahnya.

BACA JUGA :  Dibuka Ketua TP PKK, Lomba Ba'arak Tanglong di Balangan Berlangsung Meriah

Kepada masyarakat, diimbau agar berhati-hati dalam membeli atau menjual makanan dan selalu perhatikan aspek kebersihan lingkungannya, tanggal kadaluarsa dan bahan-bahan pengawet yang digunakan. (fer)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Safari Ramadhan di Banua Rantau, Bupati HST Serahkan Bantuan LKSA dan Ratusan Septic Tank

Sel Mar 19 , 2024
"Selain bantuan untuk LKSA Amanah Birayang, sekaligus dilaksanakan penyerahan penghargaan terbaik II kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berprestasi tahun 2023 kepada BUMDes Wawai Maju, Desa Wawai"

You May Like

TABIRklip