DPRD Barsel Ingatkan Pemkab Agar Penyaluran Bantuan Sosial Tepat Sasaran

“Setiap penyaluran bantuan sosial, baik itu dari pemerintah pusat maupun Pemkab, harus betul-betul diberikan kepada masyarakat miskin atau mereka yang tidak mampu”

Ketua Komisi III DPRD Barsel, Hermanes (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan, Kalimantan Tengah (Kalteng), mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat agar penyaluran bantuan sosial harus tepat sasaran.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Barsel, Hermanes, setiap penyaluran bantuan sosial, baik itu dari pemerintah pusat maupun Pemkab, harus betul-betul diberikan kepada masyarakat miskin atau mereka yang tidak mampu.

“Bantuan sosial yang disalurkan pemerintah diperuntukkan bagi masyarakat miskin dan sudah selayaknya mereka menerima,” ujarnya di Buntok, ibu kota Barsel, Kamis (28/3).

Saat ini, katanya, ada banyak program bantuan pemerintah untuk masyarakat miskin atau kurang mampu, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera.

BACA JUGA :  Ketua KPU Barsel: Anggota DPRD Terpilih Wajib Laporkan Kekayaan

“Setiap bantuan itu harus dipertanggungjawabkan dalam hal penggunaannya,” katanya.

Dalam penyaluran bantuan sosial, tambahnya, diharapkan perangkat daerah terkait agar bekerja sama Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan pihak lainnya.

“Sehingga bantuan dari pemerintah bisa diterima oleh masyarakat yang membutuhkan dengan tepat dan cepat,” tambahnya.

Sebelum bantuan disakurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, disarankan agar dilakukan pendataan dan verifikasi terlebih dahulu.

Bantuan yang tepat sasaran, diyakini akan berdampak positif yang bukan hanya meringankan beban masyarakat kurang mampu, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: Akhmad Madani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Majukan Dunia Pendidikan, DPRD Barsel Sarankan Evaluasi Kinerja Kepsek

Kam Mar 28 , 2024
"Disdik Barsel diminta agar terus melakukan pengawasan terhadap kinerja Kepsek dan bila ada yang tidak serius dalam bekerja, harus segera dilakukan evaluasi terhadap yang bersangkutan"

You May Like

TABIRklip