Antisipasi Tindak Pidana oleh Kades, DPRD Barsel Ingatkan Pemkab untuk Tingkatkan Pengawasan

“Peningkatan pengawasan penting dilakukan dengan melakukan pendampingan agar tidak terjadi pelanggaran hukum yang dapat mengganggu program pembangunan desa jangka panjang”

Anggota Komisi I DPRD Barsel, H Raden Sudarto (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), H Raden Sudarto mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat agar meningkatkan pengawasan terhadap kinerja Kepala Desa (Kades).

Menurut H Raden Sudarto, pengawasan ketat penting dilakukan dalam upaya antisipasi kemungkinan terjadinya tindak pidana oleh Kades.

“Peningkatan pengawasan penting dilakukan dengan melakukan pendampingan agar tidak terjadi pelanggaran hukum yang dapat mengganggu program pembangunan desa jangka panjang,” ujarnya di Buntok, ibu kota Barsel, Senin (25/3).

Pengawasan, katanya, diharapkan dapat maksimal, baik dalam mengawasi kinerja Pemerintahan Desa (Pemdes) hingga pembinaan, sehingga tidak ada lagi Kades yang melanggar hukum dalam pelaksanaan roda pemerintahan.

BACA JUGA :  Reses di 50 Kelurahan dan Desa, DPRD Barsel Tampung 685 Aspirasi Masyarakat

“Sudah cukup banyak contoh di Barsel ini tentang pelanggaran hukum dan terjerumus serta terjerat kasus korupsi sehingga harus menjadi perhatian semua pihak,” katanya.

Ia menambahkan, perangkat desa harus dapat bertanggung jawab penuh atas pengelolaan dan penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD).

“Karena semua itu adalah uang rakyat yang wajib untuk dikembalikan kepada rakyat dan jangan sampai ada lagi Kades maupun perangkat desa yang terjerat kasus korupsi,” tambahnya.

Pengawasan merupakan langkah strategis untuk mengontrol sistem pengendalian dan pengelolaan Dana Desa yang jumlahnya sangat besar tersebut.

Dengan pengawasan yang ketat, diharapkan kedepannya tidak akan terjadi lagi kasus hukum yang menimpa Kades serta perangkat desa lainnya, khususnya di Barsel. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: Akhmad Madani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

QRIS BRI dan Kemudahan Transaksi di Pasar Keramat Barabai

Sel Mar 26 , 2024
“Dengan adanya layanan QRIS BRI, transaksi keuangan di Pasar Keramat Barabai lebih efisien dan cepat dengan menggunakan smartphone, tanpa harus membawa uang tunai atau mencari uang pecahan sebagai kembalian”

You May Like

TABIRklip