DPRD Barsel Minta Dinkes Proaktif Tangani Penyebaran DBD

“Dinkes Barsel diminta untuk turun ke lapangan untuk melihat dan meninjau serta mengkoordinasikan secara langsung upaya penanganan DBD”

Anggota Komisi III DPRD Barsel, Zainal Abidin Awang (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat agar proaktif dalam upaya penanganan penyebaran Demam Berdarah Dangeu (DBD).

Menurut Anggota Komisi III DPRD Barsel, Zainal Abidin Awang, langkah proaktif dapat berupa langkah fogging massal maupun himbauan agar warga lebih peduli kebersihan lingkungan.

“Jangan hanya kegiatan rutinitas masuk kantor saja, tetapi juga turun langsung ke lapangan untuk melihat dan meninjau serta mengkoordinasikan secara langsung upaya penanganan DBD,” ujarnya di Buntok, ibu kota Barsel, Kamis (1/2).

Selain fogging massal, katanya, faktor-faktor lain yang mendukung pemberantasan nyamuk pembawa virus DBD juga harus dilakukan.

BACA JUGA :  Hotel Anna di Buntok "Membara", 39 Kamar Hangus Terbakar

“Faktor lain tersebut seperti himbauan kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta peduli dengan lingkungan,” katanya.

Kondisi musim penghujan saat ini, tambahnya, masyarakat hendaknya lebih berhati-hati dengan penyebaran DBD.

“Apalagi kemungkinan banjir kembali melanda, sangat besar sehingga perlu kewaspadaan para orang tua untuk menjaga anak-anak mereka agar terhindar dari DBD,” tambahnya.

Diharapkan, sarana kesehatan di Barsel seperti rumah sakit dan puskesmas, agar memiliki ketersediaan obat-obatan dan kelengkapan pendukung yang memadai, terutama untuk penanggulangan DBD.

Selain itu, masyarakat yang datang untuk berobat agar diberikan pelayanan yang baik dan jangan sampai ada keluhan terkait pelayanan kesehatan. (ra)

Pewarta: Akhmad Madani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPRD Barsel Apresiasi Langkah Cepat Pemkab Antisipasi Penyebaran DBD

Sen Feb 5 , 2024
"Apresiasi juga diberikan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jaraga Sasameh Buntok yang telah mempersiapkan obat-obatan dan fasilitas kesehatan"

You May Like

TABIRklip