Peduli Kelestarian Lingkungan, Pemkab HST Bina 45 Sekolah Adiwiyata

“Sektor pendidikan di HST harus terlibat dan berperan dalam perlindungan lingkungan”

Sosialisasi pembinaan calon sekolah adiwiyata (foto: TABIRkota/ist)

BARABAI (TABIRkota) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) setempat melakukan pembinaan terhadap 45 Sekolah Adiwiyata sebagai bentuk peduli kelestarian lingkungan, Jumat (18/10/2024).

Menurut Kepala DLHP HST, Mursyidi melalui Kepala Bidang (Kabid) Tata Lingkungan, Sri Sofiawarti, sosialisasi tentang program adiwiyata tersebut telah diberikan kepada puluhan sekolah.

“Semoga sosialisasi tersebut dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM) di sekolah dalam mengelola Program Adiwiyata,” ujarnya.

Selain itu, katanya, sosialisasi tersebut dilakukan agar menjadikan sekolah-sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

BACA JUGA :  Bupati Balangan Lepas Keberangkatan 15 Agamawan Hindu Perdalam Ilmu Agama ke India dan Nepal

“Sektor pendidikan harus terlibat dan berperan dalam perlindungan lingkungan, terlebih hal tersebut relevan dengan kebijakan daerah yang peduli kelestarian lingkungan,” katanya.

Dari total 45 sekolah, masing-masing 16 calon Sekolah Adiwiyata, 24 Sekolah Adiwiyata Kabupaten, tiga Sekolah Adiwiyata Provinsi, satu Sekolah Adiwiyata Nasional dan satu Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Guru MTsN 9 HST, Kaspul Anwar menambahkan, selain masuk sebagai calon sekolah adiwiyata, pihaknya juga telah melakuka upaya menjaga kebersihan lingkungan, seperti penghijauan dengan menanam bibit pohon, pengelolaan sampah dan kegiatan lainnya.

“Ini merupakan upaya sekolah kami untuk peduli dan berbudaya lingkungan serta menerapkan program untuk melestarikan lingkungan dalam kegiatan belajar mengajar,” tambahnya.

BACA JUGA :  Bukber di Jalan

Diharapkan, masing-masing sekolah dapat menjadi sekolah adiwiyata dan berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan lebih luas. (fer)

Pewarta: M Ferian Sadikin

Journalist | Editor | - Hulu Sungai Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip