Juai Deklarasi Wilayah Bebas ODF Pertama di Balangan

“Pendeklarasian Juai sebagai wilayah bebas DDF diharapkan dapat mendorong kecamatan lain untuk bersama-sama mewujudkan Balangan yang sehat”

Bupati Balangan, H Abdul Hadi didampingi Ketua TP PKK setempat, Hj Sri Huriyati Hadi menghancurkan secara simbolik jamban apung (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), mendeklarasikan diri sebagai wilayah bebas buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) pertama di kabupaten setempat.

Pendeklarasian sekaligus pembacaan ikrar dan penghancuran secara simbolik jamban apung oleh Bupati Balangan, H Abdul Hadi didampingi Ketua TP PKK setempat, Hj Sri Huriyati Hadi tersebut, dilaksanakan di Juai, Kamis (12/9).

Menurut Bupati Balangan, H Abdul Hadi, pendeklarasian sekaligus pembacaan ikrar tersebut menandai perubahan menuju lingkungan yang lebih sehat.

“Pencapaian ini, kami harap dapat mendorong kecamatan lain untuk secara bersama-sama berupaya mewujudkan Balangan yang lebih sehat,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Raih Penghargaan Kak Seto Award 2024

Deklarasi tersebut, katanya, merupakan hasil dari kolaborasi yang baik antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan dengan PT Adaro Indonesia dalam peningkatan kualitas sanitasi dan kesehatan masyarakat.

“Pemkab Balangan dalam hal ini menyampaikan apresiasi kepada Adaro yang telah berperan aktif mendukung terwujudnya Juai sebagai wilayah bebas ODF,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri, Okty Damayanti mengatakan, pencapaian saat ini merupakan langkah awal dalam proses panjang untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

“Mari kita bergandeng tangan agar Balangan menjadi kabupaten yang sejahtera, maju serta sehat dan karena ini langkah pertama maka masih banyak langkah yang harus kita lakukan untuk mewujudkannya,” katanya.

BACA JUGA :  Kodim 1007/Banjarmasin Gelar Korp Raport MPP

Pada kesempatan tersebut, Bupati Balangan, H Abdul Hadi menyerahkan piagam penghargaan kepada Kecamatan Juai dan 20 desa di dalamnya yang telah mendeklarasikan diri sebagai desa bebas ODF. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perkuat Pendidikan Agama, Bupati HST Luncurkan Aplikasi Ngaji AI

Kam Sep 12 , 2024
"Aplikasi Ngaji AI mampu menanamkan nilai keagamaan dan membangun karakter peserta didik sesuai perkembangan zaman serta teknologi"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip