Wujudkan Sistem Transportasi Berkelanjutan, Pemkab Balangan Sediakan Angkutan Umum Gratis

“Tiga unit angkutan gratis itu akan melayani masyarakat dengan rute Paringin – Juai – Halong, Paringin – Awayan – Tebing Tinggi dan Paringin – Lampihong – Batumandi”

2024 ini, Pemkab Balangan telah mengadakan tiga unit angkutan umum gratis untuk masyarakat (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) menyediakan unit mobil angkutan umum gratis untuk masyarakat dalam rangka mewujudkan sistem transportasi berkelanjutan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Balangan, Musa Abdullah melalui Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), Rahmadi mengatakan, 2024 ini telah diadakan tiga unit mobil angkutan umum gratis jenis AVP.

“Unit-unit angkutan gratis tersebut akan melayani masyarakat di wilayah kecamatan, seperti jurusan Paringin – Juai – Halong, Paringin – Awayan – Tebing Tinggi dan Paringin – Lampihong – Batumandi,” katanya di Paringin, ibu kota Balangan, Kamis (4/7).

BACA JUGA :  Berkicau

Menurutnya, pengadaan unit angkutan umum gratis tersebut bertujuan untuk menunjang aktivitas masyarakat, seperti ke kota, pasar maupun untuk berurusan ke kantor pemerintahan.

“Selain itu, juga untuk mengurangi resiko kecelakaan, kepadatan, mengurangi kendaraan pribadi serta beban belanja BBM masyarakat,” ujarnya.

Dengan adanya unit angkutan umum gratis tersebut, tambahnya, secara tidak langsung akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, baik regional maupun nasional.

“Angkutan umum gratis mempermudah dan mewujudkan sistem transportasi yang berkelanjutan serta bentuk layanan pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Angkutan umum gratis menunjukkan komitmen pemerintah daerah agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) secara langsung dalam jangka panjang. (ra)

BACA JUGA :  Awali Program DEA di Desa, BPSDMP Kominfo Banjarmasin Gelar Pelatihan DTS di Tambak Bitin HSS

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Turdes Menembus Batas, Bupati HST Sambut Paman Birin di Awang Besar

Kam Jul 4 , 2024
"Kedatangan Paman Birin dan Acil Odah ke HST untuk menyerap aspirasi dan membantu masyarakat yang membutuhkan dengan tajuk Turdes Menembus Batas ke-10"

You May Like

TABIRklip