Bangun Gudang Penampungan Lump, Bupati HST Dorong Petani Tingkatkan Kualitas Karet

“Kualitas karet yang bagus, akan berimbas pada meningkatnya harga jual dan peningkatan pendapatan serta perekonomian petani”

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi memberikan sambutan saat peletakan batu pertama pembangunan gudang penampungan lump (foto: TABIRkota/ist)

BARABAI (TABIRkota) – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), H Aulia Oktafiandi mendorong petani setempat agar meningkatkan kualitas karet yang dihasilkan.

Menurut H Aulia Oktafiandi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST dalam upaya peningkatan kualitas dan produksi karet, telah melakukan beberapa hal.

“Salah satunya pembangunan gudang penampungan lump sebagai tempat penyimpanan karet agar kualitasnya terjaga,” ujarnya saat peletakan batu pertama pembangunan Gudang Penampungan Lump, Unit Pengolahan dan Pemasaran (UPPB) Titian Panjang, Desa Pauh, Kecamatan Limpasu, Arba (17/7).

Dengan adanya gudang penampungan lump, katanya, petani bisa mengeringkan produk karet dengan lebih baik.

“Kualitas produk yang baik, tentunya akan berimbas pada menigkatnya harga jual dan peningkatan pendapatan serta perekonomian petani, meskipun harga karet pluktuatif,” katanya.

BACA JUGA :  Fenomena Matahari Tepat di Atas Ka'bah, Kemenag Balangan Imbau Masyarakat Cek Arah Kiblat

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian HST, Budi Satrya Tanjung mengatakan, dalam upaya peningkatan kualitas dan produksi karet, Pemkab setempat telah membangun 15 Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB).

“Selain sebagai jembatan bagi petani untuk memasarkan hasil karet, UPBB juga berfungsi untuk tempat penyelenggaraan bimbingan teknis pengolahan dan penyimpanan sementara hasil karet,” katanya.

Pada kegiatan peletakan batu pertama yang dihadiri Camat Limpasu, unsur Forkopimcam setempat, Pambakal Pauh dan undangan lainnya tersebut, sekaligus dilaksanakan Pelatihan Pengolahan Hasil Karet.

Selain itu, juga diserahkan bantuan timbangan digital kepada UPPB Pauh, UPPB Suka Maju, UPPB Abung, UPPB Limbar dan UPPB Usaha Maju. (ra)

BACA JUGA :  Giving an Example, Hulu Sungai Tengah Regent Cleans Up Garbage in the Market

Pewarta: M Ferian Sadikin

Journalist | Editor | - Hulu Sungai Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Peringatan Hari Anak Yatim Sedunia, Pj Bupati Barsel Ingatkan Keistimewaan Bulan Muharram

Rab Jul 17 , 2024
"Sebagian umat Islam menjadikan 10 Muharram sebagai peringatan Idul Yatama atau lebarannya anak yatim"

You May Like

TABIRklip