Tingkatkan Kemampuan dengan SKKNI, Jagal Ganteng Syariah Tabalong Kirim Anggota Pelatihan ke Bogor

“Melalui kegiatan pelatihan tersebut, kompetensi anggota dalam melakukan penyembelihan yang profesional sesuai prinsip syariat akan semakin meningkat”

15 anggota Jagal Ganteng Syariah Tabalong mengikuti pelatihan penyembelihan hewan di BBPKH Vinagara Bogor (foto: TABIRkota/ist)

TANJUNG (TABIRkota) – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Jagal Ganteng Syariah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengirim anggotanya untuk mengikuti pelatihan penyembelihan hewan ke Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Menurut Ketua Jagal Ganteng Syariah Tabalong, Ustadz Fahmi Anshari, kegiatan pelatihan penyembelihan hewan yang diikuti 15 orang anggota tersebut, dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Bogor.

“Melalui kegiatan pelatihan tersebut, kompetensi anggota dalam melakukan penyembelihan yang profesional sesuai prinsip syariat akan semakin meningkat,” ujarnya di Tanjung, ibu kota Tabalong, Ahad (23/6).

Pada kegiatan pelatihan tersebut, katanya, para peserta mendapatkan sertifikat sembelih halal yang merupakan bagian dari standar SKKNI.

BACA JUGA :  Bupati Balangan Lepas Keberangkatan 15 Agamawan Hindu Perdalam Ilmu Agama ke India dan Nepal

“Kita berharap, dengan mengikuti kegiatan tersebut, Jagal Ganteng Tabalong kedepan dapat lebih banyak memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas dan keberlanjutan industri peternakan dan pengolahan daging halal,” katanya.

Ia menambahkan, Jagal Ganteng Tabalong terus membangun kolaborasi dan komitmen dengan berbagai pihak terkait, seperti Kementrian Agama (Kemenag), Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat.

“Kolaborasi penting untuk memastikan setiap langkah damal rantai pasokan daging halal dilakukan dengan penuh tanggung jawab,” tambahnya.

Dengan begitu, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen akan produk halalan tayyiban mubarakan, sehat dan berkualitas di Bumi Sarabakawa (sebutan lain untuk Tabalong, red), dapat terpenuhi.

BACA JUGA :  Buka Sosialisasi Pengelolaan Sampah, Ketua TP PKK HST Tekankan Penerapan 3R

Kegiatan pelatihan penyembelihan hewan itu sendiri dihadiri Wakil Ketua Umum MUI Bogor, Romli Eko Wahyudi, perwakilan BBPKH Vinagara Bogor, Dwi Windiana dan Pengurus Juleha Indonesia, Dwina AS. (ra)

Pewarta: Ilham Ali Naufal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Awak Media Dilarang Liput Peluncuran Pilkada 2024, Ketua PWI Kalsel: KPU HST Coreng Tugas Wartawan

Sen Jun 24 , 2024
"Sikap arogan panitia penyelenggara dari KPU HST yang melarang dan mengusir awak media meliput peluncuran Pilkada 2024 dinilai PWI Kalsel mencoreng tugas wartawan dalam pemberitaan"

You May Like

TABIRklip