Tekan Angka Stunting, Ketua TP PKK HST Beri Pembekalan Sahabat ASI

“Kader Sahabat ASI diharapkan dapat memiliki sertifikat konselor laktasi dan menjadi tenaga profesional untuk membantu para ibu dalam menyusui”

Ketua TP PKK HST, Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi (tengah) memaparkan tentang peran Sahabat ASI dalam upaya menekan angka stunting (foto: TABIRkota/ist)

BARABAI (TABIRkota) – Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi memberikan pembekalan kepada para kader Sahabat ASI sebagai bagian dari upaya menekan angka stunting.

Pembekalan yang diikuti ratusan kader Sahabat ASI HST tersebut, dilaksanakan di Pendopo Bupati, Barabai, Senin (10/6).

Dalam pemaparannya Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi mengatakan, pemberian ASI eksklusif selama enam hingga dua tahun, sangat penting untuk menekan angka stunting.

“Informasi mengenai pentingnya ASI eksklusif harus disebarkan kepada seluruh perempuan di HST karena banyak isu yang menyebabkan terjadinya kegagalan pemberian ASI oleh ibu,” katanya.

BACA JUGA :  Gelar Nobar Piala Asia U23 Qatar, Pemkab HST Sediakan Snack dan Kopi Gratis

Menurutnya, kader Sahabat ASI memiliki peran penting dalam membantu menurunkan angka stunting.

“Kita berharap ada inovasi baik di tingkat kabupaten, desa hingga dasa wisma yang dapat kita laksanakan dalam upaya menekan angka stunting hingga 0 persen,” ujarnya.

Saat ini angka stunting di HST mencapai 13 persen dan sudah melebihi dari target nasional, namun diharapkan angka tersebut masih dapat ditekan lebih rendah lagi.

Kader Sahabat ASI, tambahnya, diharapkan dapat memiliki sertifikat konselor laktasi dan menjadi tenaga profesional untuk membantu para ibu dalam menyusui.

“Meskipun untuk itu prosesnya panjang, namun melalui kegiatan pembekalan seperti sekarang ini, dapat menjadi langkah awal untuk menuju tujuan tersebut,” tambahnya.

BACA JUGA :  Dorong Pola Hidup Sehat, GOW Balangan Gelar Sosialisasi PHBS di Juai

Langkah tersebut diharapkan dapat memantu menekan angka stunting dan mewujudkan visi Bupati HST, H Aulia Oktafiandi untuk menjadikan kabupaten setempat yang makmur, unggul dan dinamis. (ra)

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cek Hewan Kurban

Rab Jun 12 , 2024
Pewarta: M Ferian Sadikin Uploader: Zidna Rahmana Post Views: 64 BACA JUGA :  Kenakan Pakaian Adat Banjar, Wabup HST Bersamai Peringatan Hardiknas 2024

You May Like

TABIRklip