Pemkab Balangan Kembangkan Lima Obyek Wisata Prioritas

“Lima obyek wisata tersebut masing-masing air terjun Batarius, wisata Batu Ajung, wisata Sungai Maranting dan wisata budaya Racah Mampulang serta Mesiwah Pare Gumboh”

Salah satu obyek wisata prioritas di Balangan, Batu Ajung dan Gunung Hauk (foto: TABIRkota/rastaferian pasya)

PARINGIN (TABIRkota) – 2024 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mengembangkan lima kawasan obyek wisata yang menjadi prioritas pembangunan.

Menurut Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balangan, Melda Risda, lima obyek wisata tersebut masing-masing air terjun Batarius, wisata Batu Ajung, wisata Sungai Maranting dan wisata budaya Racah Mampulang serta Mesiwah Pare Gumboh.

“Dari kelima obyek wisata prioritas tersebut, air terjun Batarius merupakan yang paling diutamakan,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Senin (24/6).

Pengembangan obyek wisata air terjun Batarius, katanya, merupakan bagian dari pelaksanaan visi misi Bupati Balangan, H Abdul Hadi.

BACA JUGA :  Jelang Ramadhan, Wabup HST Pimpin Operasi Pasar

“Saat ini proyek pengerjaan pengembangan air terjun Batarius, terus berjalan, sesuai arahan Bupati,” katanya.

Ia menambahkan, meskipun yang menjadi prioritas adalah lima kawasan obyek wisata, namun bukan berarti yang lain tidak diperhatikan.

“Kawasan dan obyek wisata lain, juga kita perhatikan hanya saja pengembangannya untuk saat ini tidak menjadi prioritas,” tambahnya.

Selain wisata alam, Pemkab Balangan melalui Disporapar setempat juga mengembangkan wisata buatan seperti taman hijau dan hutan kota.

Bahkan, Bupati Balangan merencanakan pembangunan wisata buatan seperti Jatim Park dan saat ini sedang dalam tahap kajian. (ra)

BACA JUGA :  Komitmen Berantas Narkoba, Semua Desa di Balangan akan Jadi Desa Bersinar

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kisruh Pelarangan Liputan Peluncuran Pilkada 2024, KPU Kalsel Perintahkan KPU HST Klarifikasi

Sen Jun 24 , 2024
“KPU itu sejatinya terbuka, apalagi terhadap awak media agar dapat membantu menginformasikan tahapan Pilkada serentak mendatang"

You May Like

TABIRklip