Kontrakan Dua Pintu di Pelambuan Banjarmasin “Tahantak”, Satu Korban Terluka

“Kontrakan dua pintu tersebut terletak tepat di tikungan sungai sehingga cepat sekali terkena abrasi yang menyebabkan bangunan itu “tahantak” hingga nyaris tenggelam”

Kontrakan dua pintu yang “tahantak” hingga nyaris tenggelam, kini lokasinya dipasangi garis polisi (foto: TABIRkota/ist)

BANJARMASIN (TABIRkota) – Sebuah kontrakan dua pintu di Gang Serumpun RT 49, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, tahantak atau amblas hingga nyaris tenggelam di bantaran sungai yang menyebabkan satu korban terluka.

Menurut Danru 03 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Denny, peristiwa tahantaknya kontrakan tersebut terjadi pada Senin (13/5) sekitar pukul 16.00 Wita.

“Dugaan sementara, kontrakan tersebut amblas karena disebabkan abrasi akibat pasang surut air sungai,” ujarnya.

Posisi kontrakan yang berada dibagian teluk sungai, katanya, membuat lokasi tersebut cepat mengalami abrasi.

“Apalagi posisi kontrakan berada tepat di tikungan sungai sehingga abrasi dengan cepat mengikis tanah yang menyebabkan bangunan diatasnya amblas,” katanya.

BACA JUGA :  Simpan 35 Paket Sabu, Pengedar Narkoba di Tabalong Diringkus Polres Balangan

Akibat peristiwa tersebut, tambahnya, satu orang penghuni kontrakan mengalami luka di bagian kaki.

“Korban sudah dibawa dan ditangani secara medis,” tambahnya.

Atas peristiwa tersebut, masyarakat, khususnya yang mendiami kawasan bantaran sungai, diimbau untuk secara berkala melakukan pemeriksaan tiang dan pondasi rumah.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan untuk jumlah kerugian, sementara masih belum dapat diperkirakan. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Berdayakan Perempuan Agar Mandiri, Bupati HST Serahkan Bantuan untuk KWT Pandawan

Sen Mei 13 , 2024
"Paket bantuan yang diserahkan terdiri dari 300 ekor bebek, tiga unit bahan pembuat kandang dan 21 sak pakan bebek pabrikan sebagai modal awal para perempuan petani di Pandawan dalam berusaha"

You May Like

TABIRklip