Gelar Lomba Masak, Pemkab HST Kampanyekan Pemanfaatan Hasil Tangkapan Ikan

“Pada lomba masak serba ikan untuk menu keluarga juara pertama diraih Kecamatan Batu Benawa, sedangkan menu balita juara satu dari peserta umum, Sherly Tendean”

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi didampingi Ketua TP PKK setempat, Cheri Bayuni Budjang saat mencicipi olahan makanan serba ikan (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

BARABAI (TABIRKota) — Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) kampanyekan pemanfaatan hasil tangkapan ikan dengan menggelar lomba masak serba ikan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati, H Aulia Oktafiandi dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) HST, Chery Bayuni Budjang, di Lapangan Dwi Warna Barabai, Kamis (16/5).

Menurut Chery Bayuni Budjang, kegiatan tersebut memberikan ruang untuk berkreasi dan berinovasi terhadap berbagai cara mengolah ikan.

“Bukan sekadar lomba, namun kita juga membiasakan masyarakat untuk mengolah bahan hasil tangkapan, seperti ikan kembung, tongkol, patin dan lainnya,” ujarnya.

Tujuan akhirnya, katanya, sebagai langkah menurunkan stunting melalui pemberdayaan keluarga dengan kegiatan yang bermanfaat.

BACA JUGA :  Indeks SPM Bidang Pendidikan Tertinggi se-Kalsel, Bupati HST Peroleh Penghargaan Kemendikbudristek RI

“Lomba tersebut tidak hanya mengejar juara, tapi juga bermanfaat untuk keluarga di rumah,” katanya.

Juara pertama lomba masak serba ikan menu keluarga diraih Kecamatan Batu Benawa, juara kedua Dewi Sinta Kumala Sari dari peserta umum dan juara ketiga Puspa Eka Wati dari peserta umum serta Kecamatan Haruyan juara harapan.

Sedangkan menu balita, juara pertama diraih peserta umum Sherly Tendean, juara kedua Dewi Ratna Sari, juara ketiga Kecamatam Hantakan dan juara harapan, Fatmawati.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan  dan Perikanan (DKPP) HST, Afni Hidayat menambahkan, pelaksanaan lomba tersebut merupakan bagian dari kampanye pemanfaatan hasil tangkapan ikan.

BACA JUGA :  11 Kali Raih WTP, Bupati Balangan Harapkan Kesejahteraan Rakyat Meningkat

“Makanan yang dibuat dari beragam olahan ikan, diharapkan dapat memberikan pemahaman pentingnya kandungan gizi dan disenangi oleh anak-anak,” tambahnya.

Melalui lomba tersebut, diharapkan PKK dan masyarakat dapat mengkampanyekan keluarga di rumah untuk mencintai olahan ikan dan membantu pemerintah menurunkan angka stunting. (fer)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Siap Bertarung di Pilkada HSS, H Udin Anshar "Lamar" Gerindra

Jum Mei 17 , 2024
"H Udin Anshar yang diakui memiliki kontribusi terhadap pemenangan Paslon 02 pada Pilpres lalu itu, merupakan bacalon Bupati HSS pertama yang menyerahkan berkas pendaftaran ke Gerindra"

You May Like

TABIRklip