DPRD Barsel Minta Pemkab Maksimalkan Penyerapan Anggaran

“DPRD Barsel sendiri sangat mendukung sikap yang Pj Bupati saat ini yang terus mendorong Satuan Organisasi Perangkat Daerah agar dapat memaksimalkan penyerapan anggaran tahun 2024”

Ketua Komisi DPRD Barsel, Jarliansyah (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat agar dapat memaksimalkan penyerapan anggaran.

Menurut Ketua Komisi DPRD Barsel, Jarliansyah, hingga saat ini Anggaran Pendapatan dan Belanjar Daerah (APBD) masih belum maksimal.

“Beberapa tahun belakangan ini, penyerapan anggaran oleh Pemkab Barsel, selalu tidak mencapai target seperti yang telah direncanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng,” ujarnya di Buntok, ibu kota Barsel, Kamis (30/5).

Secara triwulan, katanya, serapan anggaran selalu kurang dari yang ditargetkan.

“Misal, serapan pada triwulan pertama tidak mencapai 25 persen, triwulan kedua dibawah 50 persen, triwulan ketiga kurang dari 85 persen dan hingga November, serapan juga tidak sampai 100 persen,” katanya.

BACA JUGA :  DPRD Barsel Minta Pemkab Pastikan Bantuan untuk Poktan Tersalur Tepat Sasaran

Sehingga, tambahnya, setiap akhir tahun selalu terjadi penumpukan anggaran karena serapannya baru maksimal pada setiap Desember.

“Kita sangat berharap, di 2024 ini pada triwulan pertama serapan anggaran dapat sesuai target dan begitu pula di triwulan kedua, ketiga serta keempat nantinya,” tambahnya.

Idealnya, serapan anggaran pada triwulan pertama dapat maksimal hingga 25 persen, kemudian 50 persen di triwulan kedua, 85 persen pada triwulan ketiga dan 100 persen pada triwulan keempat.

DPRD Barsel sendiri sangat mendukung sikap yang diambil Pj Bupati saat ini yang terus mendorong Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) agar dapat memaksimalkan penyerapan anggaran tahun 2024. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

BACA JUGA :  DPRD Barsel Bentuk Pansus LKPj Kepala Daerah TA 2023

Pewarta: Akhmad Madani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Legislator DPRD Barsel Ingatkan Peran Strategis Pengawas Sekolah Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Sab Jun 1 , 2024
"Posisi pengawas sekolah sebagai salah satu pendidik dan tenaga kependidikan, sangat signifikan dalam meningkatkan profesionalisme guru serta kualitas pendidikan"

You May Like

TABIRklip