Buka Sosialisasi Pengelolaan Sampah, Ketua TP PKK HST Tekankan Penerapan 3R

“Pengelolaan sampah yang baik tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat”

Ketua TP PKK HST, Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi menekankan pentingnya penerapan 3R dalam pengelolaan sampah berkelanjutan (foto: TABIRkota/mc hst)

BARABAI (TABIRkota) – Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi menekankan pentingnya penerapan prinsip 3R dalam mewujudkan pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Hal tersebut disampaikan Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi saat membuka kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan yang diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) HST di Aula Kantor PKK setempat, Jum’at (17/5).

Menurutnya, pengelolaan sampah yang baik tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Untuk mewujudkan pengelolaan sampah yang berkelanjutan, kita perlu menerapkan prinsip 3R, yaitu reduce atau mengurangi, reuse atau menggunakan kembali dan recycle atau mendaur ulang,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pemprov Kalsel Apresiasi Pameran Hardiknas Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar Merdeka Berbudaya

Prinsip-prinsip tersebut, katanya, harus dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita semua ikut aktif berpartisipasi dan menyebarkan informasi yang didapatkan hari ini kepada keluarga, tetangga serta masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan lestari,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana (Sarpras) Bidang PSLB3PK, Muhammad Jarni mengatakan, sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah.

“Para peserta diberikan pengetahuan tentang memilah dan mengelola sampah, mendorong pembentukan bank sampah di desa serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah,” katanya.

Diharapkan, kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan manfaat besar bagi kebersihan dan kesehatan lingkungan, khususnya di HST. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

BACA JUGA :  Tingkatkan Upaya Penegakan Kepatuhan BU, BPJS Cabang Barabai dan Kejari Teken MoU

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perangi Sampah

Jum Mei 17 , 2024
Uploader: Zidna Rahmana Pewarta: M Ferian Sadikin Post Views: 99 BACA JUGA :  Giving an Example, Hulu Sungai Tengah Regent Cleans Up Garbage in the Market

You May Like

TABIRklip