Bina IKM, Ketua Dekranasda HST Dorong Pengrajin Sasirangan Berkembang dan Berdaya Saing

“Dengan sinergi yang baik antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat, akan dapat tercipta lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan serta kesuksesan para pengrajin lokal”

Ketua Dekranasda HST, Cheri Bayuni Budjang mengunjungi pengrajin Murakata Sasirangan sebagai salah satu bentuk pembinaan IKM (foto: TABIRkota/mc hst)

BARABAI (TABIRkota) – Ketua Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi lakukan pembinaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar terus berkembang dan memiliki daya saing.

Salah satu upaya pembinaan dilakukan Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi dengan mengunjungi pengrajin Murkata Sasirangan di Komplek Guntur Permai, Desa Benawa Tengah, Kecamatan Barabai bersama Wakil Ketua Dekranasda HST, Hj Fauziah Hasby Mansyah Sabri, Selasa (9/5).

Menurut Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, pembinaan terhadap IKM merupakan komitmen yang harus dijunjung bersama.

“Pembinaan dilakukan untuk membantu meningkatkan kualitas produk, pemasaran serta manajemen usaha,” ujarnya.

BACA JUGA :  Dukung Rekrutmen Komcad, Pemkab HST Berikan Insentif PNS yang Ikut Bergabung

Dengan begitu, katanya, IKM di HST akan dapat terus berkembang dan mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

“Kunjungan kali ini ke IKM Murakata Sasirangan, merupakan bentuk apresiasi Dekranasda terhadap dedikasi dan kerja keras pengrajin dalam menjaga serta mengembangkan warisan budaya, yaitu kain sasirangan,” katanya.

Melalui kegiatan kunjungan ke pelaku IKM, tambahnya, dapat saling bertukar pengalaman, pengetahuan dan inspirasi dalam mengembangkan industri kecil menengah.

“Dengan sinergi antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat, kita dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan serta kesuksesan para pengrajin lokal,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, para pelaku IKM diajak untuk meningkatkan kreativitas, inovasi dan daya saing sehingga berdampak positif pada peningkatan perekonomian. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

BACA JUGA :  Hulu Sungai Tengah Earns Adipura Again, for the Eighth Time

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Diserbu Warga Lok Hamawang, Disperindag Balangan Gelar Pasar Murah

Kam Mei 9 , 2024
"Disaat harga sembako mengalami inflasi, Pemkab Balangan hadir dengan program pasar murah untuk membantu kebutuhan dapur warga"

You May Like

TABIRklip