Tampil Memukau di Bazaar Kreatif HST 2024, SMPN 34 Satap Bawakan Tari Batunggu Huma

“SMPN 34 Satap HST yang terletak di lereng pegunungan Meratus, Desa Pambakulan, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT) sukses membawakan dua tarian pada Bazaar HST Kreatif 2024”

SMPN 34 HST saat menampilkan tari keeksotisan Meratus (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

BARABAI (TABIRKota) — Tampil memukau pada Bazaar HST Kreatif, di Lapangan Dwi Warna Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) SMPN 34 HST sukses membawakan tari batunggu huma, Arba (24/4) malam.

SMPN 34 Satap HST merupakan salah satu sekolah di lereng pegunungan Meratus, Desa Pambakulan, Kecamatan Batang Alai Timur.

Menurut Pelatih tari SMPN 34 Satap HST, Nur Syifa Hayati, sekolah tersebut menampilkan dua tarian, yakni tari batunggu huma dan keeksotisan Meratus.

“Untuk kedua tarian latihan hanya satu hari sebelum penampilan, namun anak-anak memiliki jadwal rutin belajar tari tiap minggu,” ujarnya.

SMPN 34 Satap HST memukau penonton dengan semburan api (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

Tari batunggu huma, katanya, merupakan garapan baru dan pernah meraih juara pada pagelaran lomba.

BACA JUGA :  Membludak! Ribuan Pecinta Bola Nobar di Balai Kota Banjarmasin

“Sedikit filosofi, batunggu huma adalah tari khas Kalsel yang terinspirasi dari kebiasaan masyarakat adat Meratus untuk menunggu “huma” atau ladang padi dari hama atau binatang,” katanya.

Sedangkan tari keeksotisan Meratus, tambahnya, digarap oleh Ema dan Elma yang menceritakan tentang keindahan serta kekuatan alamnya.

“Meratus selalu ramah kepada siapa yang datang dan senantiasa memberikan hasil bumi melimpah untuk penghuni yang menjaganya,” tambahnya.

Melalui penampilan tersebut, diharapkan agar acara bazar ini terus diadakan di tahun-tahun berikutnya dan bisa lebih meriah lagi. (fer)

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tingkatkan Sumberdaya Lahan, BPP se-Balangan Gelar Pertemuan Perhiptani

Kam Apr 25 , 2024
"Pertemuan PERHIPTANI merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiga bulan sekali secara bergilir oleh tiap-tiap BPP Kecamatan"

You May Like

TABIRklip