Lestarikan Tradisi saat Ramadhan, Pemkab Balangan Gelar Lomba Bagarakan Sahur

“Pada Lomba Bagarakan Sahur, para peserta hanya boleh menggunakan alat musik dari alat sederhana, barang bekas atau bahan alam yang dapat menghasilkan bunyi”

Peserta Lomba Bagarakan Sahur (foto: TABIRkota/mc blgn)

PARINGIN (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat menggelar Lomba Bagarakan Sahur sebagai bagian dari pelestarian tradisi saat Ramadhan.

Lomba yang diikuti 13 kelompok peserta tersebut, dilaksanakan di Taman Sanggam, Kecamatan Paringin, Senin (1/4) malam.

Menurut Bupati Balangan, H Abdul Hadi, pelaksanaan Lomba Bagarakan Sahur tersebut patut diapresiasi.

“Mari kita jadikan tradisi Bagarakan Sahur sebagai budaya yang patut dilestarikan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Balangan, H Abiji melalui Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Hasan mengatakan, peserta lomba tidak diperkenankan menggunakan alat musik modern.

“Bagarakan Sahur hanya boleh menggunakan alat musik dari alat sederhana, barang bekas atau bahan alam yang dapat menghasilkan bunyi,” katanya.

BACA JUGA :  Jelang Ujian, SDN 2 Barabai Timur Gelar Arak-arakan dan "Batamat" Al-Qur'an

Alat atau bahan dari alam tersebut antara lain seperti galon air mineral, piring, gayung, jirigen, bambu, kayu dan lainnya dengan jumlah anggota setiap grup atau kelompok maksimal delapan orang.

Keluar sebagai pemenang pada Lomba Bagarakan Sahur tersebut, Kelompok Sangkadi dari Desa Mampari, Kecamatan Batumandi sebagai juara pertama, Kelompok Tapih Bahalai dari Bangkal, Halong sebagai juara kedua dan Kelompok Tapih Bakurung, juga dari Bangkal, Halong sebagai juara ketiga. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pengamanan Lebaran, Bupati Balangan Minta BPBD Bersinergi dengan Polres

Sel Apr 2 , 2024
"BPDB Balangan diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah dan berkoordinasi dengan Polres setempat dalam upaya pengamanan”

You May Like

TABIRklip