Dinilai Kurang Representatif, Pemko Banjarmasin Rencanakan Revitalisasi KBM Jahri Saleh

“Lokasi KBM Jahri Saleh dinilai kurang representatif karena berada di tengah pemukiman warga dan dari kegiatannya menghasilkan polusi suara serta limbah”

KBM Jahri Saleh Banjarmasin (foto: TABIRkota/net)

BANJARMASIN (TABIRkota) – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) merencanakan pemindahan dan revitalisasi Kebun Binatang Mini (KBM) Jahri Saleh di Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin, Yuliansyah Efendi, wacana pemindahan tersebut karena KBM Jahri Saleh dinilai kurang representatif.

“Penilaian tersebut diperoleh berdasarkan hasil evaluasi yang dilaksanakan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel,” ujarnya saat ditemui di Balai Kota Banjarmasin, Kamis (18/5).

Ia mengatakan, BKSDA Kalsel menilai lokasi KBM Jahri Saleh kurang representatif karena berada di tengah pemukiman warga dan dari kegiatannya menghasilkan suara maupun limbah.

BACA JUGA :  Siap Bertarung di Pilkada HSS, H Udin Anshar "Lamar" Gerindra

“Untuk luasnya, KBM Jahri Saleh juga tidak mencukupi secara teknis sebagai lembaga konservasi,” katanya.

Hasil penilaian BKSDA Kalsel tersebut, telah disampaikan serta dikonsultasikan di internal DKP3 Banjarmasin dan sementara akan ada kemungkinan langkah revitalisasi ke lokasi lain.

Terkait kapan dan bagaimana revitalisasi tersebut akan dilaksanakan, pihak DKP3 Banjarmasin sendiri belum dapat memastikan.

Yuliansyah Efendi menambahkan, apakah nantinya KBM Jahri Saleh akan dialokasikan ke lokasi baru atau dilengkapi sesuai persyaratan BKSDA Kalsel, hal tersebut masih dikordinasikan dan dikonsultasikan dengan pimpinan serta pihak terkait lainnya.

“Apabila nanti memang langkah pemindahan yang harus dilakukan, kita sudah memiliki opsi lokasi yang memenuhi syarat,” tambahnya.

BACA JUGA :  530 ODGJ Terdata di HST

Kondisi KBM Jahri Saleh saat ini, menjadi salah satu pertimbangan pihak DKP3 Banjarmasin untuk mengadakan satwa baru.

Meski begitu, pihak DKP3 Banjarmasin tetap akan mengupayakan penambahan satwa baru secara berkala yang disesuaikan dengan kondisi sekarang. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bimbingan Manasik Haji, Bupati Balangan Minta Jamaah Maksimalkan Kesiapan ke Tanah Suci

Kam Apr 18 , 2024
“Pelaksanaan haji pada 2024 ini diikuti 196 jamaah, terdiri dari 193 orang ditambah dua petugas kesehatan dan satu petugas haji daerah”

You May Like

TABIRklip