Lepas Logistik Pemilu, Pj Bupati Barsel Ajak Masyarakat Sukseskan Pesta Demokrasi

“Proses pendistribusian logistik Pemilu dilakukan menggunakan moda transportasi darat dan air seperti mobil, motor, kapal, speedboat dan kelotok (perahu bermesin) yang disesuaikan dengan kondisi wilayah tujuan masing-masing”

Pelepasan logistik Pemilu di halaman kantor KPU Barsel (foto: TABIRkota/ist)

BUNTOK (TABIRkota) – Pejabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), H Deddy Winarwan mengajak seluruh masyarakat setempat untuk mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi pada Pemilu serentak 14 Februari mendatang.

Ajakan tersebut disampaikan H Deddy Winarwan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel, Edy Purwanto saat menghadiri pelepasan logistik Pemilu 2024 di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Ahad (11/2) kemaren.

“Mari kita semua berperan aktif mensukseskan Pemilu 2024 sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Menurutnya, pesta demokrasi akan berjalan dengan baik, lancar, aman dan damai apabila masyarakat Barsel sebagai pemilih, pelaksana dan penyelenggara maupun peserta Pemilu, dapat menjalankan perannya dengan baik.

BACA JUGA :  Sebelum Raperda Disahkan, Pemkab Barsel Diminta Tidak Memungut Pajak Retribusi Daerah

“Kepada seluruh masyarakat, juga diimbau untuk turut serta menjaga situasi dan kondisi yang aman, nyaman serta kondusif dan melaksanakan hak serta kewajiban sebagai warga negara demi suksesnya Pemilu 2024,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kalteng melalui Komisioner KPU, Harmain Ibrahim mengatakan, pendistribusian logistik Pemilu dilaksanakan dari gudang KPU menuju ke tempat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan dilanjutkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 406 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 93 desa se-Barsel.

“Proses pendistribusian logistik Pemilu dilakukan menggunakan moda transportasi darat dan air seperti mobil, motor, kapal, speedboat dan kelotok (perahu bermesin) yang disesuaikan dengan wilayah tujuan masing-masing,” katanya.

BACA JUGA :  DPRD Bersama Pemkab Barsel Setujui Raperda Pajak dan Retrebusi Daerah

Jumlah surat suara yang didistribusikan, ujarnya, adalah sebanyak Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah dua persen surat suara cadangan untuk setiap TPS.

“Dimasing-masing TPS akan ada tujuh orang petugas Kelompok Penyelanggara Pemungutan Suara (KPPS) bersama dua petugas ketertiban untuk menjalankan penyelenggaraan Pemilu,” ujarnya.

Di Barsel, tercatat 98.976 orang DPT yang tersebar di 406 TPS, terdiri dari 23 TPS di Kecamatan Jenamas, 51 TPS di Dusun Hilir, 46 TPS di Karau Kuala, 55 TPS di Dusun Utara, 62 TPS di Gunung Bintang Awai dan 169 TPS di Dusun Selatan serta satu TPS Khusus di Rumah Tahanan (Rutan). (ra)

Pewarta: Akhmad Madani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Barsel Raih Peringkat Satu Sistem Tata Kelola Penyelenggaraan Pemerintah Daerah se-Kalteng

Sen Feb 12 , 2024
“Sesuai hasil EPPD, tata kelola penyelenggaraan pemerintah daerah Barsel meraih peringkat satu tingkat provinsi dan tingkat 46 Nasional dari 415 kabupaten di Indonesia degan skor 3,3345”

You May Like

TABIRklip