DPRD Barsel Minta Pemkab Terapkan Pembangunan Berkeadilan

“Secara umum, pembangunan di Barsel sudah dapat dikatakan bagus meskipun masih belum cukup berkeadilan karena banyak daerah di pelosok pedesaan yang tertinggal”

Wakil Ketua I DPRD Barsel, Hj Nyimas Artika (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat agar menerapkan pembangunan yang berkeadilan.

Menurut Wakil Ketua I DPRD Barsel, Hj Nyimas Artika, hingga saat ini masih banyak pembangunan yang belum terpenuhi, terutama di daerah pelosok.

“Karena itu, program pembangunan harus dicanangkan secara merata agar dapat memenuhi hak-hak masyarakat secara berkeadilan,” ujarnya di Buntok, ibu kota Barsel, Jum’at (23/2).

Ketersediaan infrastruktur, fasilitas kesehatan, pendidikan, telekomunikasi, air bersih, jaringan listrik dan lain sebagainya, saat ini dipandang belum mendapat keadilan pembangunan.

Hal tersebut, katanya, sangat memprihatinkan, mengingat hak-hak utama dan yang dibutuhkan oleh masyarakat masih belum terpenuhi.

BACA JUGA :  Lepas Logistik Pemilu, Pj Bupati Barsel Ajak Masyarakat Sukseskan Pesta Demokrasi

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkeadilan agar tercipta kesejahteraan masyarkat yang merata,” katanya.

Secara umum, tambahnya, pembangunan di Barsel sudah dapat dikatakan bagus meskipun masih belum cukup berkeadilan karena banyak daerah di pelosok pedesaan yang tertinggal.

“Saat reses, kita melihat langsung bagaimana desa-desa yang belum memiliki listrik serta infra struktur yang memadai,” tambahnya.

Pemkab Barsel diharapkan dapat mencanangkan program terstruktur seperti mulai menyokong pembangunan dari bawah, dari desa ke kota dan harus menyesuaikan skala prioritas dengan mengutamakan wilayah yang minim perhatian.

Dari segi anggaran, harus dapat dimaksimalkan dan dilakukan sesuai prioritas dan sejalan dengan aspirasi masyarakat.

BACA JUGA :  Ketua KPU Barsel: Anggota DPRD Terpilih Wajib Laporkan Kekayaan

Diharapkan, dapat tercipta kemajuan bagi daerah tertinggal dan menjadikan daerah tersebut mandiri, sehingga lebih cepat maju. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: Akhmad Madani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Legislator: Generasi Muda Barsel Harus Aktif Dukung Program Pembangunan

Sen Feb 26 , 2024
"Generasi muda, dapat berperan aktif dengan memberikan saran, masukan serta berpartisipasi dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pembangunan"

You May Like

TABIRklip