DPRD Barsel Dorong Dunia Usaha Terapkan Kesetaraan Gender

“Dengan memanfaatkan potensi dari kedua gender secara adil, Barsel akan dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang lebih baik dan terjadinya pertumbuhan ekonomi secara inklusif”

Wakil Ketua I DPRD Barsel, Hj Nyimas Artika (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong dunia usaha di kabupaten setempat agar menerapkan kesetaraan gender dan perlindungan untuk kaum perempuan dari segala bentuk kekerasan.

Menurut Wakil Ketua I DPRD Barsel, Hj Nyimas Artika, laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama untuk diberikan kesempatan yang sama dalam meraih posisi-posisi penting.

“Misalnya jabatan-jabatan seperti supervisor, manajer dan jabatan lainnya yang sering diisi oleh laki-laki,” ujarnya di Buntok, ibu kota Barsel, Senin (26/2).

Hal tersebut, katanya, bukan hanya tentang kesetaraan gender saja, tetapi bentuk perjuangan keadilan bagi perempuan untuk mendapatkan peluang yang sepadan dalam dunia kerja dan wirausaha.

BACA JUGA :  Majukan Dunia Pendidikan, DPRD Barsel Sarankan Evaluasi Kinerja Kepsek

“Pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, dapat dilakukan melalui berbagai langkah, seperti pelatihan pembuatan produk olahan pangan, motivasi usaha ekonomi hingga pemberian modal usaha,” katanya.

Karena itu, DPRD Barsel mendorong pelaku usaha dan perusahaan agar mempertimbangkan serta menerapkan kebijakan yang mendukung kesetaraan gender.

Tercapainya kesetaraan gender, tambahnya, akan membawa manfaat bagi perkembangan ekonomi daerah.

“Terlebih, sektor usaha merupakan salah satu bidang yang memiliki peran vital dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu daerah,” tambahnya.

Saat ini, diyakini banyak potensi perempuan sebagai wirausaha yang masih terpendam, yang sebenarnya dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian daerah dan masyarakat.

BACA JUGA :  Reses di 50 Kelurahan dan Desa, DPRD Barsel Tampung 685 Aspirasi Masyarakat

Dengan memanfaatkan potensi dari kedua gender secara adil, Barsel akan dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang lebih baik dan terjadinya pertumbuhan ekonomi secara inklusif. (ra)

Pewarta: Akhmad Madani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPRD Barsel Minta Pemkab Pastikan Bantuan untuk Poktan Tersalur Tepat Sasaran

Sel Feb 27 , 2024
"Potensi sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan di Barsel, memerlukan perhatian serius untuk mendorong kemajuan serta kesejahteraan para petani"

You May Like

TABIRklip