DPRD Barsel Sarankan Pemkab Bentuk Tim Seleksi Penerima Beasiswa

“Dengan adanya seleksi, diharapkan para penerima beasiswa betul-betul dapat mengemban tugas menyelesaikan pendidikan mereka dengan baik”

Anggota DPRD Barsel, Hemanes (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) menyarankan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melalui Dinas Pendidikan, membentuk tim seleksi calon penerima beasiswa.

Menurut Anggota DPRD Barsel, Hemanes, tim seleksi penting dibentuk agar beasiswa yang diberikan betul-betul tepat sasaran.

“Harus betul-betul diseleksi, sehingga siswa lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang menerima beasiswa, betul-betul mampu dan sanggup menjalankan tugas pendidikan tersebut,” ujarnya di Buntok, ibu kota Barsel, Jum’at (12/1).

2024 ini, Pemkab Barsel meluncurkan program beasiswa bagi lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri, antara lain ke Kairo, Mesir dan Beijing.

BACA JUGA :  Antisipasi Tindak Pidana oleh Kades, DPRD Barsel Ingatkan Pemkab untuk Tingkatkan Pengawasan

Para penerima beasiswa tersebut, katanya, harus betul-betul mampu secara akademik dan jangan sampai nantinya putus ditengah jalan.

“Meskipun beasiswa itu untuk anak dari keluarga kurang mampu secara materil, tetap harus diuji pula kemampuan akademisnya,” katanya.

Setidaknya, para penerima beasiswa harus betul-betul memiliki tekad dan kemauan yang kuat untuk melanjutkan pendidikan.

Ia menambahkan, seleksi juga berlaku bagi siswa calon penerima beasiswa melalui jalur prestasi, seperti prestasi dibidang seni budaya, olahraga, keagamaan maupun yang lainnya.

“Selain berprestasi, ada baiknya calon penerima beasiswa jalur prestasi juga memiliki nilai akademik yang cukup,” tambahnya.

Tim seleksi nantinya bertugas mengatur secara teknis bagaimana siswa lulusan SLTA mendapatkan beasiswa.

BACA JUGA :  Kasus DBD Mulai Muncul, DPRD Barsel Minta Pemkab Lakukan Fogging

Dengan adanya seleksi, diharapkan para penerima beasiswa betul-betul dapat mengemban tugas menyelesaikan pendidikan mereka dengan baik. (ra)

Pewarta: Akhmad Madani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Reses di 50 Kelurahan dan Desa, DPRD Barsel Tampung 685 Aspirasi Masyarakat

Jum Jan 12 , 2024
"Aspirasi, usulan dan saran dari masyarakat tersebut, dirangkum dalam lima bidang, masing-masing pendidikan, kesehatan, infrastruktur, keagamaan, fasilitas sosial serta perekonomian"

You May Like

TABIRklip